KKP dan Kemlu Berhasil Pulangkan Lima Nelayan Indonesia

Jum'at, 28 Juni 2019 - 13:17 WIB
KKP dan Kemlu Berhasil Pulangkan Lima Nelayan Indonesia
KKP dan Kemlu Berhasil Pulangkan Lima Nelayan Indonesia
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kementerian Luar Negeri memfasilitasi pemulangan lima nelayan Indonesia yang ditangkap di perairan Malaysia atas dugaan melakukan pencurian ikan atau illegal fishing.

"Lima nelayan tersebut tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis (27 Juni 2019) sekitar pukul 08.00 WIB," ungkap Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Agus Suherman dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Jumat (28/6/2019).

Nelayan yang dipulangkan seluruhnya berasal dari Desa Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Adapun identitas nelayan-nelayan tersebut, yaitu ARR (40 tahun), IS (42), DD (31), ZUL (53), dan MB (40).

Saat tiba di Bandara Kualanamu, nelayan-nelayan tersebut diterima oleh Stasiun PSDKP Belawan dan selanjutnya diserahterimakan secara resmi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat untuk diserahkan kepada keluarga masing-masing.

"Fasilitasi pemulangan nelayan ini merupakan wujud nyata bantuan Pemerintah kepada nelayan-nelayan Indonesia yang tertangkap di luar negeri karena melanggar batas perairan saat melakukan penangkapan ikan," tuturnya.

Sebelumnya, nelayan-nelayan tersebut ditangkap pada bulan September 2018 oleh aparat Pemerintah Malaysia dengan tuduhan melakukan aktivitas illegal fishing di wilayah perairan Malaysia.Selama berada di Malaysia, para nelayan mendapatkan pendampingan dari Kedutaan Indonesia di Malaysia.
Dengan dipulangkannya para nelayan dari Malaysia, selama tahun 2019 KKP bersama-sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) telah berhasil memulangkan 101 nelayan Indonesia yang ditangkap di luar negeri. Rinciannya 16 orang dari Malaysia, 18 orang dari Timor Leste, 36 orang dari Myanmar, 11 orang dari Thailand, dan 20 orang dari Australia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7697 seconds (0.1#10.140)