Zakat Fitrah ACT Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim dan Difabel di Palestina

Sabtu, 08 Juni 2019 - 19:40 WIB
Zakat Fitrah ACT Hadirkan...
Zakat Fitrah ACT Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim dan Difabel di Palestina
A A A
GAZA - Takbir kemenangan telah bergema. Hari Raya Idul Fitri tengah dirayakan seluruh umat muslim di dunia, tidak terkecuali mereka yang berada di Palestina.

Hari itu, 1 Syawal 1440 Hijriah, berkat kebaikan para dermawan, antusiasme hadir saat warga Palestina membawa hadiah Lebaran itu ke rumah, berbagi dengan sanak keluarga.

“Lebaran kali ini anak-anak Palestina menerima Eid Gift dari zakat fitrah para dermawan. Anak-anak dapat berbelanja baju, celana, dan sepatu. Ada 178 anak penerima manfaat. Mereka adalah anak-anak keluarga yatim dan miskin di Gaza,”
Andy Noor Faradiba dari Global Humanity Response-Aksi Cepat Tanggap (GHR-ACT) dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/6/2019).

Zakat Fitrah ACT Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim dan Difabel di Palestina


Beberapa hari sebelum Lebaran, hadiah Idul Fitri dari zakat fitrah para dermawan berupa manisan dan pakaian juga telah dibagikan ke ratusan anak di Gaza. “Pada Sabtu dan Senin (1-3/6), ACT juga menyampaikan zakat fitrah para dermawan sebagai eid gift kepada 325 anak yatim dan anak-anak dari keluarga miskin lain di Gaza,” kata Faradiba.

Khaled, salah satu penerima manfaat di Gaza yang turut menyambut Idul Fitri kali ini dengan suka cita. Kondisi fisik tidak membatasinya untuk ikut merasakan suasana Lebaran. Pasalnya Khaled kini hidup hanya dengan satu kaki, yakni kaki kanan.
Kantor berita Palestina, WAFA, menurunkan laporan pada 2018 bahwa selama 10 tahun angka disabilitas meningkat tajam semenjak 2007 hingga 2017, dari 3.7% hingga meningkat sampai 6.8%.

Zakat Fitrah ACT Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim dan Difabel di Palestina


Hal tersebut ditengarai akibat blokade ketat Israel sejak tahun 2007 melalui tiga perang dari Israel yang menyebabkan ribuan orang tewas, terluka hingga mengalami cacat permanen.

“Kami sangat berterima kasih kepada lembaga ACT dan bangsa Indonesia yang telah menyalurkan zakat fitrahnya untuk kami, bangsa Palestina. Semoga kalian semua berada dalam kebaikan Allah SWT,” ujar Khaled, ketika menerima zakat fitrah.

Tidak hanya Khaled, ratusan keluarga difabel lain di Gaza pun telah menerima zakat fitrah dari masyarakat Indonesia, berbentuk bantuan tunai. Lebaran kali ini tentu menjadi salah satu momen membahagiakan bagi warga Gaza. Sebab merayakan Lebaran dan mendapatkan hadiah tidak dapat selalu mereka rasakan.

Zakat Fitrah ACT Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim dan Difabel di Palestina


“Kita targetkan sebanyak dua ratus keluarga penyandang disabilitas sebagai penerima zakat fitrah dari para dermawan di Indonesia. Mudah-mudahan dengan adanya zakat fitrah ini, mereka menyambut Idulfitri kali ini dengan sukacita,” ujar Faradiba.

Tidak hanya di Palestina, hingga berakhirnya bulan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri, ACT telah mengimplementasikan dan membersamai saudara-saudara muslim di belahan dunia dengan jangkauan hingga 21 negara dan total penerima manfaat global adalah sebanyak 151.482 orang.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)