Gedein Opini Ajak Anak Muda Gunakan Hak Pilih

Selasa, 16 April 2019 - 07:05 WIB
Gedein Opini Ajak Anak...
Gedein Opini Ajak Anak Muda Gunakan Hak Pilih
A A A
JAKARTA - Jumlah pemilih muda mendominasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Namun, potensi golput di kalangan anak muda tersebut lumayan tinggi. Perlu usaha bersama untuk mendorong mereka peduli politik.

Sebagai gambaran, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jumlah pemilih dalam DPT mencapai 192 juta orang. Dari angka tersebut, 100 juta di antaranya atau sekitar 40% berusia 17-39 tahun atau generasi milenial.

Sayangnya, sesuai riset Jeune & Raccord (J&R), 10-16 Maret 2019, 60% generasi milenial tidak peduli politik. Artinya potensi golput di kalangan generasi milenial mencapai 40%. Dengan mengajak anak muda melalui cara-cara yang dekat dengan keseharian mereka diharapkan bisa meningkatkan kepedulian mereka terhadap politik di Tanah Air.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial, Opini.id bikin kampanye “Gedein Opini” buat menarik perhatian anak muda agar gunakan hak pilih pada Pemilu 2019 yang berlangsung serentak 17 April 2019. Alasan-alasan menarik kenapa mereka harus nyoblos ditampilkan dalam layar LED raksasa di tiga titik strategis di Jakarta antara 13-16 April 2019.

Publik diajak berpartisipasi dalam kampanye ini dengan menuliskan pesan pendek alasan mereka harus datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) di alamat website https://gedein.opini.id. Pengunjung bisa login menggunakan email, Facebook, maupun Twitter. Selanjutnya langsung bisa menuliskan alasannya. Setiap orang bisa menulis alasan lebih dari satu kali.

Kumpulan pesan tersebut akan ditampilkan di microsite tersebut sehingga pengunjung lainnya dapat membaca semua pesan. Pesan yang terpilih berkesempatan untuk tampil di tiga titik LED raksasa yakni di Slipi, Blora, dan tol Bandara Soekarno Hatta.

“Sebagai media perspektif yang kreatif, kritis, tajam dan berani, Opini.id pengin Pemilu 2019 jadi momentum buat anak-anak muda melek politik. Nasib mereka ke depan sangat ditentukan oleh keputusan politik hasil pemilu ini lho,” ujar Risang B Dhananto, VP Marketing PT Global Visi Media yang menaungi Opini.id.

“Kita mau opini anak muda bener-bener dapat ruang di kampanye #GedeinOpini ini. Kami berharap, pesan kreatif dari masing-masing individu yang suaranya terangkum di platform Opini, bisa menjadi motivasi untuk anak muda lainnya,” sambung Risang.

Kampanye #GedeinOpini tidak hanya di website dan panel LED raksasa, namun juga digaungkan melalui semua channel media sosial Opini.id baik di Facebook, Twitter, Line, dan Instagram.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)