DMI Serukan Umat Islam Bersatu dan Jaga Kesucian Masjid

Selasa, 02 April 2019 - 16:01 WIB
DMI Serukan Umat Islam Bersatu dan Jaga Kesucian Masjid
DMI Serukan Umat Islam Bersatu dan Jaga Kesucian Masjid
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin menegaskan, masjid sebagai tempat suci umat muslim harus terbebas dari kegiatan politik praktis.

"Sebagai Waketum DMI saya menyerukan semuanya pengurus masjid untuk menjaga masjid sebagai tempat suci rumah Allah menjadi tempat netral tidak untuk kegiatan politik praktis," kata Syafruddin di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Seluruh marbot masjid, takmir, ikatan imam masjid, ikatan khatib masjid dan juga ikatan remaja dan pemuda masjid harus menjaga kesucian masjid.

"Umat Islam harus bersatu ditengah konstelasi politik untuk menjaga kesucian masjid," ujar Syafruddin yang juga menjabat Menteri PANRB itu.

Untuk itu dia mengajak umat muslim untuk menjaga suasana agar terus kondusif dan damai. Sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan lancar dan tidak menimbulkan polemik.

Mantan Wakapolri ini mengakui sudah banyak laporan dari daerah terkait pemanfaatan masjid untuk kegiatan yang tidak seharusnya. Namun DMI tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penindakan.

"Sudah banyak laporan masuk, DMI tidak dapat melakukan penindakan. Untuk DMI menghimbau semua pihak untuk mengunakan masjid sebagai tempat beribadah yang nyaman," ungkap Syafruddin.

Masjid sebagai tempat terbuka untuk umat Islam yang harus dijaga kesuciannya untuk menjaga Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathoniyah. Sehingga masjid dapat dimanfaatkan semua umat untuk kegiatan yang positif.

"Masjid harus digunakan untuk tempat beribadah, tempat membangun persaudaraan umat, ukhuwah Islamiah, dan mempererat persatuan dan cinta Tanah Air, ukhuwah wathoniyah. Masjid hadir untuk kemaslahatan umat," katanya.

Terkait menjaga kesucian masjid, DMI dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid secara serempak.

"Sesuai dengan visi misi DMI memakmurkan dan dimakmurkan masjid, maka kami akan melaksanakan kegiatan bersih-bersih masjid secara bersamaan di dua ribu masjid," ucap Syafruddin.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7896 seconds (0.1#10.140)