Lewat Know Your Caleg, Diaspora Bisa Kenali Para Caleg di Pemilu 2019

Rabu, 27 Maret 2019 - 14:13 WIB
Lewat Know Your Caleg, Diaspora Bisa Kenali Para Caleg di Pemilu 2019
Lewat Know Your Caleg, Diaspora Bisa Kenali Para Caleg di Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia, Dino Patti Djalal meluncurkan program Know Your Caleg bagi diaspora di luar negeri. Dengan adanya program ini diharapkan para diaspora dapat mengenali sosok dan visi-misi para caleg yang akan dipilihnya pada Pemilu 2019.

"Kita berharap sebanyak mungkin diaspora bisa melihat platform ini (Know Yoru Caleg). Yang penting dari diaspora ini bisa mengenal caleg-calegnya," katanya saat ditemui di iNews Tower, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dia mengatakan, banyak diaspora yang mengeluhkan karena tidak mengenal caleg Dapil II DKI yang akan dipilihnya pada Pileg. Namun di lain pihak, para diaspora ingin ada wakilnya DPR yang memperjuangkan kepentingan mereka.

Karena itu, pihaknya mengajak para caleg untuk menampilkan sosok dan visi-misinya pada Pileg 2019 melalui www.calegdiaspora.com. Hal ini, kata Dino, agar para diaspora tidak asal mencoblos saat pemungutan sara.

"Nanti mereka tidak asal coblos karena mereka sudah tahu dan mengenal mereka semua," kata mantan Duta Besar Indonesia untuk AS ini.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada sekira 30 persen caleg di DKI yang bersedia bergabung dengan Know Your Caleg. Pihaknya menanyakan sejumlah persoalan para diaspora kepada para caleg itu.

"Misalnya, generasi kedua jadi kalau saya sudah diaspora tinggal di Amerika Serikat, saya khawatir anak saya nanti lupa bahasa Indonesia lupa budaya indonesia. Jadi hal-hal itu yang datang dari hati sanubari diaspora sendiri," tutur Dino.

Dino pun mengajak para calegnya untuk menampilkan visi misi kepada diaspora melalui www.calegdiaspora.com. Dalam situs itu, terdapat video para caleg yang memaparkan visi misinya mengenalkan diri kepada masyarakat.

"Jadi sayang kala caleg mau dipilih untuk dapil 2 mewakili diaspora, tapi tidak mau menyapa mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan penting untuk mereka," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kartini Perindo, Liliana Tanaja Tanoesoedibjo telah membuat content untuk para diaspora di www.calegdiaspora.com. Dalam kontennya, caleg DPR RI dari Perindo di Dapil II DKI Jakarta ini mengenalkan diri dan menyampaikan visi-misi serta pandangannya.

“Ada perkenalan diri ada keluarganya seperti apa, kegiatannya seperti apa, ada visi-misi partai seperti apa. Ada value yang akan kita bawa seperti apa. Ada pandangan-pandangan saya di situ juga,” ujar Liliana
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3716 seconds (0.1#10.140)