Jelang Pencoblosan, Parpol Pro 01 Diminta Kerja Lebih Keras

Minggu, 17 Maret 2019 - 14:02 WIB
Jelang Pencoblosan, Parpol Pro 01 Diminta Kerja Lebih Keras
Jelang Pencoblosan, Parpol Pro 01 Diminta Kerja Lebih Keras
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin, didukung oleh koalisi partai politik (parpol) yang cukup besar.

Ada sembilan parpol yang memberi dukungan resmi terhadap Paslon 01 yakni PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PKPI dan dua partai baru, Perindo dan PSI.

Hanya saja, berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh PolMark Indonesia, elektabiltas Partai Koalisi Paslon 01 yang sudah mencapai, 67,4 persen, belum diimbangi elektabilitas Paslon 01 yang diusungnya yang berada di angka, 40,4 persen.

Dari angka tersebut tergambarkan, pilihan terhadap partai tidak sebanding lurus dengan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung oleh partai koalisi tersebut.

Partai pengusung harus memiliki tanggung jawab bersama untuk ikut meningkatkan elektabilitas Paslon 02.

Menurut Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukman Edy, hasil survei yang dirilis PolMark Indonesia itu merupakan data agregat yang tidak menggambarkan perkembangan elektabilitas Paslon 01 atau perkembangan kerja tim sukses yang terkini.

Bahkan, Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) masa jabatan 9 Mei 2007-1 Oktober 2009 ini mengungkapkan, data bahwa saat ini konsituen PKB terhadap Paslon 01 Jokowi-KH Ma'ruf Amin sudah cukup tinggi hanya sedikit dibawah PDIP sebagai parpol pengusung utama.

"Meski demikian, demi mengamankan target 70 persen suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, diharapkan seluruh partai politik pendukung terus bekerja keras, ditambah lagi dengan dukungan dari relawan maupun Tim Kampanye Nasional (TKN). Saya yakin, jika total maka target 70 persen untuk Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dapat tercapai," ujar Lukman Edy melalui siaran pers, Minggu (17/3/2019).

Politisi PKB ini juga berharap dalam dua minggu terakhir nanti jelang pilpres, semua Caleg dan tim sukses untuk lebih gencar melakukan kampanye door to door. "Dua minggu terakhir ini kita berharap semua caleg berkampanye door to door,"ungkapnya.

Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menambahkan, ada perintah dari PKB saat melakukan kampanye door to door, harus meyampaikan salam dari pak Jokowi, sekaligus menjelaskan program yang ada serta luruskan segala hoaks yang tidak benar.

"Kami di PKB sudah menginstruksikan kepada seluruh Calon anggota legislatif baik itu Caleg Pusat maupun daerah juga ikut mengkampanyekan Paslon nomor urut 01. Kita harus menyampaikan apa saja keberhasilan yang telah dicapai selama Presiden Jokowi memimpin,” jelasnya,.

Menurut Daniel Johan, Hasil survei Polmark Indonesia juga sebagai refleksi dan meningkatkan kewaspadaan untuk kemenangan Paslon 01. "Survei tersebut dapat menjadi bahan catatan untuk peningkatan kinerja seluruh pihak," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7210 seconds (0.1#10.140)