Prihatin Kondisi Bangsa, Cak Imin Luncurkan Gerakan Nusantara Bertauhid

Kamis, 14 Maret 2019 - 18:22 WIB
Prihatin Kondisi Bangsa, Cak Imin Luncurkan Gerakan Nusantara Bertauhid
Prihatin Kondisi Bangsa, Cak Imin Luncurkan Gerakan Nusantara Bertauhid
A A A
JAKARTA - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meluncurkan gerakan Nusantara Bertauhid. Gerakan ini sebagai wujud keprihatinan atas dinamika sosial dan politik yang terjadi di Tanah Air saat ini, terutama menjelang Pemilu 17 April 2019.

Ketua Umum PKB ini melihat sendi-sendi kehidupan kebangsaan, kenegaraan, dan kemasyarakatan mengalami berbagai ujian tidak ringan. Ancaman hoaks, radikalisme, terorisme, kesenjangan ekonomi dan sosial, pudarnya nilai keagamaan, pergaulan bebas, narkoba, LGBT, perilaku menang sendiri semakin menambah berat perjuangan mewujudkan negara sejahtera dan makmur lahir batin (baldatun thayyubatun wa rabbun ghafur).

“Gerakan Nusantara Bertauhid adalah gerakan moral keagamaan yang kami rumuskan sebagai tanggung jawab kami atas situasi mutakhir bangsa, di mana sesama umat muslim, maupun antara umat beragama dibuat renggang dan diadu domba oleh fitnah dan hoaks media sosial yang terstruktur masif. Kami prihatin,” tutur pria yang biasa disapa Cak Imin ini usai pencanangan Gerakan Nusantara Bertauhid di Masjid Almunawar, Ciganjur, Jakarta, Kamis, (14/3/2019).

Masyarakat, lanjut Cak Imin, tak boleh menyerah. Tak boleh membiarkan ketidakberesan ini terus terjadi. Bangsa ini harus bersama-sama membenahi segala masalah dengan kerja keras dan berjibaku mengerahkan segala daya upaya. Juga sepatutnya bersama-sama mengangkat kedua tangan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kesejahteraan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita harus optimis pemilu akan terlaksana dengan damai. Umat harus tetap bersatu dalam dukungan yang berbeda. Umat harus tetap akur dalam perbedaan pilihan. Dengan membaca Alquran dan berselawat, yakinlah Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan pertolongannya kepada bangsa Indonesia,” kata Wakil Ketua MPR ini.

Cak Imin mengajak seluruh umat Islam di Indonesia bergabung dan berpartisipasi membaca dan mengkhatamkan Alquran serta berselawat secara serentak dalam gerakan Nusantara Bertauhid yang akan dilaksanakan 14 Maret-14 April 2019.

Acara ini akan digelar di seluruh wilayah Indonesia bersama para ulama, kiai, hafiz, qari serta santri dan masyarakat umum.

Sekretaris Jenderal PKB, M Hanif Dhakiri mengatakan, melalui Nusantara Bertauhid, PKB mengajak kepada seluruh komponen bangsa, terutama umat muslim melakukan upaya batin untuk menjaga katauhidan dan persatuan.

“Berdoa agar bangsa Indonesia selalu bersatu dalam ukhuwah Islamiyah (persaudaraan antar umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama warga bangsa) dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia),” tutur Hanif Dhakiri.

Dia menjelaskan, Gerakan Nusantara Bertahuhid juga dimaksudkan agar Pemilu 17 April 2019 berlangsung aman, damai, jujur, serta menghasilkan pemimpin yang memberikan kerja nyata bagi seluruh bangsa Indonesia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4014 seconds (0.1#10.140)