Kagumi Ponpes Sunan Drajat, Ketua Majelis Syuro PKS: Pesantren Kekuatan Bangsa

Jum'at, 22 Februari 2019 - 19:00 WIB
Kagumi Ponpes Sunan Drajat, Ketua Majelis Syuro PKS: Pesantren Kekuatan Bangsa
Kagumi Ponpes Sunan Drajat, Ketua Majelis Syuro PKS: Pesantren Kekuatan Bangsa
A A A
LAMONGAN - Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al-Jufri meneruskan lawatan di Jawa Timur dengan bersilaturrahim ke Pondok Pesantren (PP) Sunan Drajat Lamongan. Habib Salim datang didampingi Gubernur Jawa Barat dua periode Ahmad Heryawan (Kang Aher) dan Ketua DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan.

Pesantren Sunan Drajat sendiri terletak di kawasan sekitar makam Sunan Drajat. Sunan Drajat sendiri merupakan salah satu Wali Songo penyebar dan pejuang agama Islam di Tanah Jawa.

(Baca juga: PKS: Indonesia Butuh Pemimpin yang Berpihak kepada Umat Islam)


Habib Salim disambut langsung oleh KH Abdul Ghofur dan diajak keliling ke kompleks pesantren yang sangat luas dan dihuni oleh kurang lebih 13 ribu santri. Habib Salim sendiri kagum lantaran Santri Ponpes Sunan Drajat berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Ponpes ini sering dijadikan rujukan bagi pengembangan pesantren wirausaha yang berhasil. Sebab Ponpes Sunan Drajat secara mandiri mampu memenuhi berbagai kebutuhan operasional pesantren melalui unit usaha antara lain agrobisnis, produksi air mineral, pembuatan kapal, dolomit, dan lain-lain.

Pesantren ini mampu menggabungkan antara pendidikan formal, informal, dan semangat wirausaha. Sehingga lulusannya mampu bekerja atau berwirausaha sesuai keterampilan yang diberikan di pesantren.

Seusai berkeliling, Habib Salim pun menyampaikan bahwa ponpes adalah kekuatan umat dan kekuatan bangsa. Habib Salim mengatakan bahwa pemimpin bangsa lahir dari pesantren-pesantren.

"Pelaku-pelaku UKM yang tahan krisis juga lahir dari pesantren. Jadi para kiai, para ulama dengan pesantrennya adalah sumber rujukan sekaligus kekuatan ummat," ujar Habib Salim dalam keterangan, Jumat (22/2/2019).

(Baca juga: Ketua Majelis Syuro PKS Mulai Safari, Dukungan Ulama Jatim Mengalir)


Habib Salim pada kesempatan tersebut memastikan bahwa PKS terus memperjuangkan diri melalui parlemen dan juga dakwah di masyarakat untuk menimalisir peredaran narkoba. Pernyataan Habib Salim sendiri didasari oleh keprihatinan KH Abdul Ghofur juga akan peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya.

"Agar peredaran narkoba, miras, dan penyakit masyarakat lainnya bisa terus berkurang. Sehingga kualitas generasi yang akan datang akan jauh lebih baik," ucap Menteri Sosial periode 2009-2014 ini.

KH Abdul Ghafur mengaku sangat senang dan berbahagia dengan kedatangan PKS ke ponpesnya. "Saya menyarankan agar PKS sesering mungkin datang ke Ponpes Sunan drajat," pungkas dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6751 seconds (0.1#10.140)