Jenggala Center: Jusuf Kalla 100% Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin

Minggu, 03 Februari 2019 - 12:42 WIB
Jenggala Center: Jusuf Kalla 100% Dukung Jokowi-Maruf Amin
Jenggala Center: Jusuf Kalla 100% Dukung Jokowi-Ma'ruf Amin
A A A
JAKARTA - Ketua Tim Nasional Jenggala Center, Iskandar Mandji memastikan bahwa Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan dukungan secara penuh
untuk kemenangan pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Dengan konsolidasi ini, saya ingin memastikan bahwa Pak Jusuf Kalla 100 persen mendukung Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf. Jika ada berita-berita di luar, berbagai foto yang menyebut Pak Jusuf Kalla tidak mendukung Jokowi. Hari ini saya katakan dengan benar, Bapak JK akan mendukung sepenuhnya Pak Jokowi," ujar Iskandar di sela Deklarasi Dukungan Jokowi-Ma'ruf sekaligus Rapat Konsolidasi Nasional (Rakornas) Jenggala Center di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Minggu (3/2/2019) pagi.

Dikatakan Iskandar, dukungan penuh JK tersebut karena politikus senior Partai Golkar itu beranggapan bahwa masa depan bangsa ini harus dipimpin orang yang punya pengalaman dan berpihak kepada rakyat. "Itu karena bangsa ini menghadapi tantangan perjuangan yang tidak mudah," ucapnya.

Dukungan JK tersebut selaras dengan keputusan Jenggala Center yang juga mendukung penuh Jokowi-Ma'ruf. Lembaga ini sebelumnya juga bergerak untuk pemenangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014 lalu. "Pada Pilpres 2014 lalu, Jenggala Center juga menjadi mesin penggerak kemenangan Jokowi-JK. Dan sekarang kami mendukung Jokowi-Ma'ruf," tuturnya.

(Baca juga: Ratusan Tokoh dan Alumni Kanisius Deklarasi Dukungan ke Jokowi-Ma'ruf )


Sebagai langkah pemenangan, pihaknya akan lebih banyak melakukan kampanye door to door dengan memperkenalkan keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK, serta berbabagi program kerja Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan. "Apa yang dilakukan Jokowi saat ini bukan untuk kepentingan pribadi Jokowi menjadi presiden, tapi untuk kepentingan rakyat," paparnya.

Rakornas diikuti lebih dari peserta. Mereka berasal dari 30 perwakilan Jenggala Daerah seluruh Indonesia dan juga belasan jaringan pendukung. "Jaringan ini telah mendeklarasikan kebersamaan mereka mendukung Jokowi-Ma'ruf bersama Jenggala Center," tuturnya.

Di antara jaringan tersebut adalah Perempuan Jenggala, Jaringan Kemanusiaan, Jaringan Matahari, Tim Jenggala Otomotif Militan, JALA (Jaringan Aktivis Jenggala), Jaringan Relawan Nusantara, Gawagis Jatim, Hejo dan Solihin GP Center.

Dikatakan Iskandar, rapat ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Jenggala Daerah pada 20 Desember 2018. "Ada beberapa alasan mengapa Jenggala Center memberikan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf. Banyak yang selaras antara visi-misi Jenggala dengan visi-misi Jokowi-Ma’ruf," tuturnya.

(Baca juga: Didukung Pengusaha di Jawa Tengah, Jokowi Sebarkan Sikap Optimistis )


Pertama, pemerintahan Jokowi cukup fokus dalam pengembangan riset di bidang teknologi modern dalam rangka peningkatan sumber daya manusia. "Ini sejalan dengan visi yang dijalankan oleh Jenggala Center yang fokus pada riset. Kedua, demokrasi adalah hal yang paling dikedepankan Jokowi dalam mengambil keputusan dengan bukti kebijakan-kebijakan yang mendorong sinergitas antara legislatif dan eksekutif," urainya.

Prinsip demokrasi, menurut Iskandar, menjadi nafas gerak Jenggala Center dalam rangka menjaga ideologi bangsa yaitu Pancasila. Pertimbangan berikutnya yakni tingginya komitmen Jokowi dalam memperhatikan kesejahteraan sosial.

"Dampak dari segala pembangunan yang dilakukan pemerintahan Jokowi, baik itu di bidang pembangunan infrastruktur, stabilisasi ekonomi, dan lainnya telah terbukti mendorong terwujudnya kesejahteraan sosial yang menyeluruh. Jenggala Center sangat mengapresiasi kinerja dari pemerintahan Jokowi yang lagi-lagi sejalan dengan prinsip ‘social welfare’ yang merupakan salah satu tujuan dari yayasan Jenggala Center," urainya.

Dari beberapa perspektif, Jokowi-Ma'ruf juga memiliki banyak kelebihan. Selanjutnya, dari sisi ideologi, mereka adalah representasi perpaduan nasionalis-religius yang menjunjung nilai-nilai Pancasila. "Dari sisi kepribadian, Jokowi-Ma'ruf jelas menunjukkan kesederhanaan dan ketawaduan. Kerja keras, kerja strategis, dan kerja ikhlas," paparnya.

Dari sisi kepemimpinan, Jokowi-Ma'ruf dinilai memiliki komitmen keterbukaan, partisipasi dan berorientasi pada hasil kerja. Jokowi juga memiliki integritas, kejujuran dan terus berupaya mempersatukan seluruh potensi anak bangsa.

Beberapa tokoh yang merupakan pengurus Jenggala Center hadir dalam deklarasi tersebut di antaranya Ibnu Munzir, Anggota DPR dari Fraksi Golkar; Mukhtarudin, pengurus DPP Golkar; dan Pieter Wattimena, Sekjen Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Pusat, dan politikus senior Golkar yang juga mantan Gubernur Sumatera Utara, Alex Noerdin.

"Jenggala Center telah melakukan langkah-langkah dan akan dilanjutkan secara terus-menerus sampai terpilihnya Jokowi-Ma'ruf menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 – 2024 pada Pemilihan Umum 17 April 2019 mendatang," paparnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3911 seconds (0.1#10.140)