Pesan Uskup Agung Jakarta kepada Jemaat Terkait Pemilu 2019

Selasa, 25 Desember 2018 - 21:28 WIB
Pesan Uskup Agung Jakarta kepada Jemaat Terkait Pemilu 2019
Pesan Uskup Agung Jakarta kepada Jemaat Terkait Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo mengimbau umat Kristiani untuk ikut menyukseskan Pemilu serentak yang akan digelar pada 17 April 2019.

Dalam imbauannya, Ignatius juga mengingakan jemaat untuk tidak menyebarkan kebohongan. "Demokrasi yang berhikmat tentu saja bukan demokrasi dengan instrumentalisasi agama, agama diperalat untuk kepentingan politik, juga tidak menyebarkan kebohongan, tidak dengan menyebarkan fitnah, tidak menggunakan kekerasan," tutur Suharyo saat Konferensi Pers Natal 2018, di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Selasa (25/12/2018).

Sebagai masyarakat Indonesia, kata dia, di dalam hati setiap orang telah tertanam nilai-nilai dasar Pancasila. Hal itu dikatakannya diambil dari warisan budaya yang telah ada.

"Sebetulnya sudah ada di dalam hati kita. Hanya sering kali dirusak oleh kepentingan-kepentingan yang tidak terpuji. Maka imbauan pemerintah juga imbauan gereja, sama. pesta demokrasi tidak sekadar demokrasi prosedural, tapi demokrasi yang memperjuangkan nilai-nilai demokrasi. Nilai tertinggi dari demokrasi adalah kebaikan bersama," tutur Ignatius.

Dia juga berpesan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang menang agar memperjuangkan kebaikan bersama ketika nantinya memimpin.

"Mesti memperjuangkan kebaikan bersama, kesejahteraan bersama, bagi seluruh rakyat Indonesia. Nilai kedua adalah kesetaraan, tidak diskriminasi. WNI sama, jadi jangan didiskriminasi yang tidak mencerminkan watak keindonesiaan," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6086 seconds (0.1#10.140)
pixels