PBNU Beberkan Urgensi Anak Muda Selami Ajaran Pendiri Bangsa

Kamis, 20 Desember 2018 - 21:08 WIB
PBNU Beberkan Urgensi Anak Muda Selami Ajaran Pendiri Bangsa
PBNU Beberkan Urgensi Anak Muda Selami Ajaran Pendiri Bangsa
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mengingatkan pentingnya mengajak anak muda untuk menyelami ajaran para pendiri bangsa tentang semangat persatuan dan kebangsaan. Marsudi meyakini, dengan jalan tersebut bangsa ini bisa terjaga dari rongrongan gerakan transnasional yang membawa perpecahan di Indonesia.

"Saya bangga dan optimis bila ada anak muda yang berbicara soal masa depan kehidupan berbangsa," kata Marsudi dalam acara Interfaith Conversation: Caring For Our Common Future di Kantor CDCC, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/12/2018).

Marsudi mengatakan, banyak pendiri bangsa yang terinspirasi dari ajaran agama saat menentukan dasar negara Indonesia. Dalam menentukan Undang-Undang Dasar 1945 misalnya, pasal yang mengatur kesejahteraan rakyat tentunya diambil dari semanngat ajaran agama-agama.

Karenaya, lanjut Marsudi, salah bila ada kelompok yang menyebut demokrasi ala Indonesia adalah sesat dan tidak sesuai dengan ajaran Islam.

"Kalau ada kelompok yang menyebut negara kita toghut, itu bertentangan dengan nilai yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita," kata Marsudi.

"Ada pasal dalam Undang-Undang Dasar yang menyebut bumi, air dan segala macam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara untuk sebesar-besarnya demi kepentingan rakyat banyak. Saya yakin itu bukan berasal hanya dari ajaran Islam semata. Tapi juga ajaran agama-agama lain juga mengandung nilai universal," imbuh Marsudi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7688 seconds (0.1#10.140)