KPK Ajak Orang Tua Bimbing Anak agar Tak Menyogok

Rabu, 12 Desember 2018 - 09:26 WIB
KPK Ajak Orang Tua Bimbing...
KPK Ajak Orang Tua Bimbing Anak agar Tak Menyogok
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengajak orang tua untuk mengingatkan anaknya agar tidak mencoba melakukan penyuapan atau menyogok.Misalnya tidak memberikan uang dalam mengurus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).
Sikap itu dinilainya sebagai salah satu contoh pendidikan karakter yang berintegritas bagi generasi muda untuk tidak melakukan korupsi.

"Yang sudah mencapai umur sampai 17 tahun tolong dibimbing dijaga, supaya jangan sampai dapat KTP dengan nyogok. Coba, kalau dia dapat KTP dengan cara nyogok itu, kan menjadi monumen abadi dalam dirinya bahwa kalau saya mau mendapatkan sesuatu maka saya harus bayar," ujar Saut di Hotel Kartika Chandra, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 11 Desember 2018.

Menurut dia, pendidikan antikorupsi harus dimulai sejak dini. Bahkan kalau bisa sejak seorang anak baru beumur 1-5 tahun.

"Itu harus kita mulai. Jadi bikin KTP kolektif, ramai-ramai anak-anak SMP-SMA. Seperti itu, sederhana saja. Kita mulai dari pintu-pintu sempit dan pintu-pintu yang sederhana untuk membangun integritas anak-anak kita di rumah," tuturnya.

Nilai yang harus dibangun kepada generasi muda, kata Saut, yaitu ramah, sopan santun, rendah hati, menolong orang lain, dan semua hal mencakup sifat ketuhanan.KPK berharap dapat bekerja sama dengan seluruh institusi pendidikan untuk membangun karakter anak mulai sedari dini.

"KPK tidak bisa mengerjakan banyak hal pada saat bersamaan, pembangunan integritas tadi kalau kita tidak sama-sama. Mari kita mulai lagi dari awal, dari nol, untuk membangun karakter anak-anak kita ini supaya mereka berintegritas," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1162 seconds (0.1#10.140)