LSI: Publik Tanggapi Positif Pembangunan Jalan dan Fasilitas Kesehatan

Senin, 10 Desember 2018 - 13:37 WIB
LSI: Publik Tanggapi Positif Pembangunan Jalan dan Fasilitas Kesehatan
LSI: Publik Tanggapi Positif Pembangunan Jalan dan Fasilitas Kesehatan
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis hasil survei nasional mengenai kinerja Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Peneliti senior LSI Burhanuddin Muhtadi mengatakan, secara umum ada beberapa hal yang menurut publik masih menjadi rapor biru Pemerintah Jokowi-JK.

Pertama adalah membangun jalan-jalan umum yang menjadi proyek mahkota Pemerintah Jokowi-JK."Bukan sekadar klaim tapi diakui oleh publik 72 persen masyarakat menganggap pembangunan jalan umum semakin baik," ujar Burhanuddin dalam rilis hasil survei LSI di Hotel Akmani, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).
Begitu juga dengan fasilitas pelayanan kesehatan, yakni puskesmas dan rumah sakit yang terjangkau oleh masyarakat. Burhanuddin mengatakan, banyak respsonden yang mengatakan lebih baik, yakni sebesar 66%.

Untuk pembangunan pembangkit listrik juga secara umum diapresiasi positif oleh responden. Sebanyak 59% responden menganggap kinerja Pemerintah Jokowi-JK terkait pembangunan sarana tersebut juga baik.

"Ada kurang lebih delapan item yang nilainya di atas 50% yang mengatakan lebih baik. Termasuk membangun jalan tol di luar pulau Jawa, membangun jalan trans antarprovinsi di luar pulau Jawa, membuat sekolah/perguruan tinggi terjangkau, menyediakan sarana transportasi umum, dan menanggapi keluhan mayarakat terkait layanan publik," ungkapnya.

Survei LSI dilakukan pada 8-10 Oktober 2018 dengan melibatkan 2.000 responden dari seluruh Indonesia yang dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. Tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6332 seconds (0.1#10.140)