Wartawan SINDOnews Makassar Raih Juara 2 Media Ramah Anak 2018

Sabtu, 08 Desember 2018 - 13:39 WIB
Wartawan SINDOnews Makassar Raih Juara 2 Media Ramah Anak 2018
Wartawan SINDOnews Makassar Raih Juara 2 Media Ramah Anak 2018
A A A
JAKARTA - Wartawan SINDOnews Makassar Kurniawan Eka Mulyana dengan artikel berjudul “Kelas Perahu, Jembatani Anak Pulau Raih Pendidikan, berhasil terpilih menjadi juara 2 artikel Media Kompetisi 2018 pada acara Malam Penganugerahan Piala Merak (Media Ramah Anak) 2018 di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Penganugerahan Merak 2018 digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) sebagai wujud apresiasi Kemen PPPA kepada media yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada upaya sosialisasi dan edukasi dalam pemenuhan hak anak dan menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik.

Kegiatan ini merupakan serangkaian acara yang dimulai dengan Media Kompetisi 2018 yang telah berlangsung pada September-November 2018. Dalam kompetisi ini terdapat dua mata lomba di antaranya Lomba Penulisan Artikel dan Lomba Fotografi yang ditujukan kepada awak media pewarta foto dan pewarta tulis di seluruh Indonesia yang mengusung tema Potret Indonesia, Kesadaran Keluarga Penuhi Hak Anak.

Proses penjurian lomba penulisan artikel dan telah dilakukan sejak 17-27 November 2018 dengan juri Lenny N Rosalin, Arbain Rambey, Irwan Rinaldy, Masmimar Mangiang dan Melly Latifah. Dalam rangkaian penjurian dua lomba tersebut para juri telah memilih masing-masing 3 juara untuk lomba penulisan artikel dan lomba fotografi.

Menteri PPPA, Yohana Yembise saat membacakan sambutan mengatakan upaya pemenuhan hak anak perlu dilakukan bersama-sama antara pemerintah, lembaga masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, organisasi masyarakat, guru, akademisi, dunia usaha dan media. Hak anak yang terpenuhi secara optimal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

“Saya berharap media menjadikan kepentingan terbaik anak sebagai jantung kerja jurnalistik dalam mempublikasikan berita,” kata Menteri Yohana.

Acara Penganugerahan Piala Merak 2018 ini diisi dengan sesi diskusi yang mengangkat tema Perspektif Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak dalam Kerja Jurnalistik, dengan enam narasumber di antaranya, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Lenny N Rosalin, Dewan Pers Agus Sudibyo, Co-founder Yayasan Pemantau Hak Anak Antarini Arna, Founder Komunitas Ibu Cerdas Fairuz Illoet, dan Redaktur Pelaksana Koran Tempo Ali Nuryasin, serta dimoderatori Antropolog Semiarto Aji.

Di samping diskusi, sejumlah tokoh dan wartawan turut membacakan narasi cerita inspiratif tentang anak di antaranya adalah Lenny N Rosalin, Kak Seto, Mona Ratuliu, Irwanto, Antarini Arna dan Sonya Hellen Sinombor.

Sementara itu, Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA Lenny N Rosalin mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan media agar selalu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pemenuhan hak anak. “Lewat acara ini, saya berharap media akan selalu bergerak untuk menyuarakan pemenuhan hak anak. Juga menjadi inspirasi bagi masyarakat khususnya keluarga untuk selalu memenuhi hak-hak anak,” jelas Lenny.

Selain memberikan penghargaan kepada pemenang lomba artikel dan foto pada Media Kompetisi 2018, Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan kepada Media dan Wartawan Menginspirasi yang peduli terhadap isu pemenuhan hak anak.

Berikut hasil lengkap penerima penghargaan Piala Merak 2018. Kategori Fotografi, Juara 1 Fotografi Media Kompetisi 2018 Riski Cahyadi dari Tribun Medan dengan foto berjudul Belajar di bawah Erupsi, Juara 2 Mochammad Risyal Hidayat dari Antara dengan judul Pemberian Vaksin, dan Juara 3 LM Syuhada Ridzky dari Kendari Pos dengan judul Romansa Perjuangan Meraih Pendidikan

Kemudian untuk Kategori Artikel, Juara 1 Bimo Aria Fundrika dari Viva News dengan artikel berjudul Perkawinan Anak Merenggut Nyawa dan Hak Hidup Anak, Juara 2 Kurniawan Eka Mulyana dari SINDOnews dengan judul Kelas Perahu, Jembatani Anak Pulau Raih Pendidikan, dan Juara 3 Rio Rahadian dari Tuasikal VoA Indonesia dengan judul Ketika Satu Kelurahan Kompak Dukung Perlindungan Anak.

Sedangkan untuk Kategori Wartawan Menginspirasi diraih Haryo Wirawan dari BBC Indonesia dengan sebagai Relawan Pengajar untuk anak-anak yang memperkenalkan profesi wartawan, Diah Kusumawardani Wijayanti dari Antara sebagai Founder Sekolah Tari Tradisional Gratis untuk anak-anak, dan Bahana Patria Gupta dari Kompas dengan Sekolah Dongeng untuk anak-anak. Kemudian untuk Kategori Media Menginspirasi, diraih oleh Antara, Harian Kompas, dan Mother and Baby.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)