BSSN Siap Bantu KPU Terkait Pengamanan Pemilu 2019

Kamis, 22 November 2018 - 12:27 WIB
BSSN Siap Bantu KPU Terkait Pengamanan Pemilu 2019
BSSN Siap Bantu KPU Terkait Pengamanan Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Deputi bidang Penanggulangan dan Pemulihan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Marsma TNI Asep Chaerudin mengatakan, lembaganya telah menjalin koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkaitan dengan pengamanan pemilu 2019 mendatang.

"Sistem-sistemnya tentu kita sudah siapkan dan tentunya tidak bisa disampaikan di sini karena ini merupakan suatu strategi kita di dalam pengamanan siber ini," kata Asep di sela-sela Rakornas Persiapan Pemilu Serentak 2019 di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Asep mengatakan, pihaknya juga akan menjalin koordinasi dengan instansi lain yang diberikan tugas untuk menyelenggarakan dan melaksanakan pemilu. Dalam hal ini, BSSN bertugas sebagai koordinator pengamanan siber nasional yang meliputi tiga sektor yakni sektor pemerintah, sektor infrastruktur kritis nasional, dan ekonomi digital.

"Jadi cakupan dari BSSN ini luas sekali meliputi seluruh aspek intern sistem informasi dan informatika," ujarnya.

Terkait kondisi keamanan siber nasional sendiri, Asep menegaskan pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar setidaknya menjelang pemilu sampai akhir pemilu nanti dalam kondisi aman dan terkendali. Kuncinya, kata dia, sinergitas antar instansi bisa berjalan secara baik.

"Kita sudah berusaha mengkomunikasikan dengan seluruh komunitas, baik di lingkungan pemerintahan maupun akademisi ataupun di private sector. Jadi semua sudah kita sinergikan," tandasnya.

Rakhmat
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0741 seconds (0.1#10.140)