Mendagri Jamin Pemilu 2019 Berjalan Demokratis

Sabtu, 17 November 2018 - 18:08 WIB
Mendagri Jamin Pemilu 2019 Berjalan Demokratis
Mendagri Jamin Pemilu 2019 Berjalan Demokratis
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari tingkat pusat hingga daerah dalam mempersiapkan pemilu 2019 mendatang. Dirinya sangat yakin pemilu 2019 akan berjalan dengan demokrasi.

"Kami jamin konsolidasi demokrasi kita memilih calon legislatif dan presiden sudah siap. Lembaga penyelenggara pemilu juga saling bersinergi mensukseskan konsolidasi ini dengan baik," ujar Tjahjo saat memberikan pidato di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kesiapan penyelenggara Pemilu serentak 2019 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/11/2018).

Tjahjo juga yakin dengan pengalaman KPU dalam menyelenggarakan pemilu selama ini, beragam potensi masalah yang akan terjadi sudah teridentifikasi dan tanpa intervensi dari pihak manapun.

Tjahjo juga mengungkapkan terkait adanya polemik yang terjadi beberapa waktu belakangan, pihaknya mempercayakan hal itu kepada KPU.

"Kami ikut apa keputusan KPU. Kami juga menunggu dan mencermati persoalan yang berkaitan dengan Ketua DPD Bapak Oesman Sapta Odang (OSO)," ungkapnya.

Selain itu, Tjahjo juga turut mengajak semua elemen dan pemerintah untuk dapat membantu KPU dalam mensukseskan pemilu 2019.

"Setidaknya peran pemerintah dari Presiden sampai Kepala Desa juga harus membantu pemilu serentak ini. Kami percaya kepada KPU yang memiliki kewenangan penuh yang diperkuat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK)," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)