Ruhut Sitompul Heran KH Ma'ruf Tak Masuk Survei Ulama Berpengaruh

Sabtu, 17 November 2018 - 16:37 WIB
Ruhut Sitompul Heran KH Maruf Tak Masuk Survei Ulama Berpengaruh
Ruhut Sitompul Heran KH Ma'ruf Tak Masuk Survei Ulama Berpengaruh
A A A
JAKARTA - Tidak adanya nama KH Ma'ruf Amin dalam daftar ulama berpengaruh terhadap elektoral versi Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA membuat heran Ruhut Sitompul.

Sebab, Ruhut Sitompul menilai Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 itu memiliki pengaruh yang besar juga terhadap elektoral. Terlebih kata Ruhut, KH Ma'ruf juga merupakan salah satu ulama di Indonesia.

"Tapi enggak tahu, karena mungkin Cawapres, enggak dimasukin dalam poling atau apa, saya enggak mengerti, tapi beliau (Ma'ruf Amin, red) sangat berpengaruh," ujar Ruhut di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/11/2018).

Juru Bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin ini mengungkapkan, lima ulama yang masuk daftar rangking berpengaruh terhadap elektoral versi LSI Denny JA merupakan murid dari KH Ma'ruf.

Kendati demikian sambung Ruhut, rangking ulama berpengaruh terhadap elektoral versi LSI Denny JA itu tidak diambil pusing oleh Ruhut Sitompul. "Karena kami yakin pengaruh KH Ma'ruf juga sangat besar," ujar mantan politikus Partai Demokrat ini.

Sekadar diketahui, beberapa hari lalu LSI Denny JA membeberkan hasil rangking para ulama yang mempunyai pengaruh elektoral. Lima ulama paling memiliki elektoral secara berurutan adalah Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, Ustaz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dan Habib Rizieq Shihab.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7314 seconds (0.1#10.140)