Rumah Aspirasi Rakyat #01, Rumah Rakyat untuk Berekspresi

Rabu, 07 November 2018 - 23:57 WIB
Rumah Aspirasi Rakyat #01, Rumah Rakyat untuk Berekspresi
Rumah Aspirasi Rakyat #01, Rumah Rakyat untuk Berekspresi
A A A
JAKARTA - Rumah Aspirasi Rakyat #01 secara resmi diluncurkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin pada Minggu 4 November 2018. Peresmian Rumah Aspirasi Rakyat #01 yang beralamatkan di Jalan Proklamasi 46, Menteng, Jakarta Pusat, dilakukan langsung Cawapres KH Ma’ruf Amin didampingi Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto.

Ide dan gagasan didirikannya Rumah Aspirasi Rakyat #01 untuk membuka ruang interaksi dan kolaborasi untuk pemenangan Jokowi-Amin. Posko pemenangan setiap harinya terbuka sekaligus menjadi ruang interaksi publik bagi anak muda/kaum milenial, relawan, komunitas, pelajar dan mahasiswa, kelompok pengajian hingga kelompok masyarakat lainnya.

Wakil Kepala Kantor Rumah Aspirasi Rakyat #01, Michael F Umbas menuturkan rumah ini dirancang dengan arsitektur bertema kerakyatan yang berfungsi sebagai ruang publik bagi berbagai komunitas dan kelompok masyarakat.

"Rumah ini didesain menarik dengan tampilan arsitektur bambu yang dipadu dengan instalasi seni khas Indonesia. Simbol Indonesia yang beragam namun Satu," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/11/2018).

Dijelaskan, Rumah Aspirasi Rakyat #01 akan dibuka hingga enam bulan ke depan. Setiap harinya posko dibuka pada Selasa hingga Minggu. Program kerja posko pemenangan juga telah disusun secara tematik yang bisa mengakomodir semua komunitas dan kalangan.

Hari Rabu misalnya akan diisi dengan berbagai kegiatan kebudayaan dan hari Kamis diisi dengan diskusi mengenai kemajuan Indonesia. Khusus hari Kamis malam, Rumah Aspirasi Rakyat #01 diisi dengan kegiatan pengajian yang diselenggarakan secara berkeliling dari satu RT ke RT lain di Jakarta.

"Pada hari Jumat, Rumah Aspirasi mengadakan pertunjukan musik. Di sini sudah disiapkan panggung lengkap dengan sound dan alat musiknya. Kemudian pada hari Sabtu secara khusus digelar kegiatan bagi kaum milenial," ucap Umbas.

Diskusi bagi kaum milenial ini bisa mengangkat berbagai tema yang digemari anak muda. Dari informasi dan teknologi, perkembangan dan tren sosial masyarakat sampai permasalahan-permasalahan yang dihadai anak muda masa kini. Ia mengajak keberadaan rumah aspirasi menjadi sarana berkomunikasi seluruh anak muda serta menangkap seluruh persoalannya.

Di hari minggu, posko pemenangan mengagendakan kegiatan bagi kaum perempuan. Misalnya kegiatan memasak dan kuliner hingga senam. Sebagaimana arahan dari Presiden Joko Widodo, pihaknya akan terus mendengarkan masukan masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, suku, agama dan ras.

"Pendek kata rumah ini akan memberi warna baru karena pendekatannya fun, tidak hard campaign. Kami mengajak keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat tanpa membeda-bedakan. Rumah Aspirasi #01 ini adalah rumah rakyat untuk berekspresi,” kata Umbas.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4688 seconds (0.1#10.140)