TNI Relokasi Warga Korban Gempa dan Tsunami ke Palu Utara

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 06:00 WIB
TNI Relokasi Warga Korban Gempa dan Tsunami ke Palu Utara
TNI Relokasi Warga Korban Gempa dan Tsunami ke Palu Utara
A A A
JAKARTA - Prajurit TNI Satgas Penanggulangan Bencana Divisi Infanteri 3/Kostrad (Satgas Divif-3 Kostrad) dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara 16/Sula Bhuana Cakti (Yonarhanud 16/SBC) merelokasi warga korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

Danyon Arhanud 16/SBC Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi mengatakan, warga yang akan direlokasi berasal dari Kecamatan Tawalie. Mereka akan dipindahkan ke Kelurahan Kayumalue, Kecamatan Palu Utara, yang bisa menampung sekitar 3.000 orang pengungsi, Jumat (12/10/2018).

“Ribuan warga yang sudah tidak memiliki rumah di Kecamatan Tawalie nantinya akan direlokasi ke Kelurahan Kayumalue, dengan mendirikan tenda yang dapat menampung sekitar 3.000 pengungsi,” jelas Letkol Arh Agung dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Jumat malam (12/10/2018).
TNI Relokasi Warga Korban Gempa dan Tsunami ke Palu Utara

Danyon Arhanud 16/SBC menjelaskan, di tempat relokasi yang baru rencananya akan disiapkan beberapa tenda pengungsian yang dapat menampung sekitar 2.000-3.000 pengungsi. Tempat ini akan dilengkapi fasilitas dapur lapangan, posko kesehatan, MCK, jaringan listrik dan air bersih.

“Dengan relokasi ini diharapkan dapat memberikan tempat pengungsian yang sehat dan layak huni untuk sementara waktu,” ujarnya. (Baca Juga: Masa Tanggap Darurat Penanganan Bencana di Sulteng Ditambah 14 Hari )

Letkol Arh Agung Rakhman menambahkan, untuk penyediaan air bersih di tempat relokasi akan berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Geologi untuk membuatkan sumur bor baru.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6791 seconds (0.1#10.140)