Beri Kuliah Umum, Jokowi Tekankan Pentingnya Membangun SDM

Kamis, 06 September 2018 - 16:35 WIB
Beri Kuliah Umum, Jokowi Tekankan Pentingnya Membangun SDM
Beri Kuliah Umum, Jokowi Tekankan Pentingnya Membangun SDM
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kuliah umum di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA), Surabaya, Jawa Timur. Dalam kesempatan itu, Jokowi menekankan pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan negara.

Jokowi mengatakan, pembangunan SDM merupakan kewajiban negara. Sebagaimana telah diejawantahkan Pasal 31 UUD 1945, pendidikan merupakan hak bagi seluruh warga negara. Negara wajib memenuhi hak tersebut.

Jokowi mengatakan, pembangunan SDM adalah tahapan besar kedua Yang Akan dilakukan pemerintah setelah pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia dimulai.

Jokowi menilai, SDM adalah pondasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Selama ini, bangsa Indonesia memiliki kapasitas terpendam dan belum digunakan secara optimal.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memberi contoh prestasi atlet-atlet Indonesia di Asian Games 2018 yang berhasil melebihi target, bahkan dapat menduduki peringkat empat dalam perolehan medali.

"Kita ini punya kekuatan terpendam tapi belum dibangkitkan. Jangan dipikir anak kita kalah dengan bangsa lain," kata Jokowi, Kamis (6/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengapresiasi peran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang lahir sebagai bagian perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Menurutnya, organisasi yang beranggotakan kaum intelektual ini telah berjasa memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan bangsa melalui pendidikan.

"Peranan PGRI sangat strategis dalam menggerakkan organisasinya ke seluruh negeri. Teruslah berjuang dan berbakti kepada bangsa dan negara," kata Jokowi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5719 seconds (0.1#10.140)
pixels