Melalui Asian Games, Indonesia Jadi Agen Perdamaian Dunia

Selasa, 21 Agustus 2018 - 17:06 WIB
Melalui Asian Games,...
Melalui Asian Games, Indonesia Jadi Agen Perdamaian Dunia
A A A
JAKARTA - Asian Games 2018 tidak sekadar perhelatan olahraga antarnegara di Asia. Tapi Asian Games 2018 juga merupakan perekat persatuan dan pembawa pesan perdamaian dunia.

Terbukti meski baru baru tiga hari digelar, suasana sejuk Asian Games 2018 mampu menyelimuti Asia dan Dunia dengan kedamaian, juga menghadirkan tontonan dan hiburan menarik arena olahraga.Sebagai tuan rumah, Indonesia dinilai harus berbangga mampu menyelenggarakan event akbar ini dengan sangat baik.

“Ini adalah kesempatan besar bagi Indonesia untuk memainkan peran aktif sebagai agen perdamaian dunia. Jadi saya yakin Asian Games 2018 adalah sebuah ajang yang sangat bermanfaat buat bangsa dan agama,” kata anggota Komisi I DPR, Arief Suditomo di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Dia mengungkapkan, bukti Asian Games 2018 menjadi ajang perdamaian dunia adalah bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara yang sepakat menggunakan satu bendera saat defile pembukaan Asian Games 2018, Sabtu 18 Agustus 2018.Selain itu, negara-negara yang sering dilanda konflik, seperti Suriah, Palestina, Afghanistan, Yaman, dan lain-lain mampu melupakan perbedaan pemicu konflik seperti suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dengan bersaing sehat penuh sportivitas di arena olahraga.

“Lihat saja saat kontingen Palestina dan Afghanistan berjalan sambil melambaikan bendera mereka, sungguh merupakan pemandangan indah, juga mengharukan,” tuturnya.

Di samping itu, kata Arif, Asian Games 2018 juga menjadi ajang promosi sangat efektif bagi Indonesia, terutama sektor pariwisata dan budaya Indonesia.

“Asian Games adalah sebuah ajang internasional yang memberikan beragam manfaat bagi Indonesia lebih dari sekadar indikator prestasi olah raga. Ajang ini membuka kesempatan bagi dunia untuk terpapar dengan seluruh kemajuan pembangunan bangsa ini, potensi besar dari industri pariwisata Indonesia, partisipasi UKM, dan lain-lain,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)