Mahfud MD: Keberagaman adalah Fitrah, Kebersatuan Khittah Indonesia

Jum'at, 27 Juli 2018 - 13:21 WIB
Mahfud MD: Keberagaman adalah Fitrah, Kebersatuan Khittah Indonesia
Mahfud MD: Keberagaman adalah Fitrah, Kebersatuan Khittah Indonesia
A A A
YOGYAKARTA - Perbedaan merupakan fitrah. Dengan demikian maka kebersatuan adalah garis perjuangan (khitthah) bangsa Indonesia yang dibangun dengan prinsip kebersatuan dalam keberbedaan yang disemboyankan dengan Bhinneka Tunggal Ika.

Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD mengatakan, semua orang yang bertuhan, apa pun agamanya, pasti percaya bahwa Tuhan Maha Kuasa. Dia bisa melakukan apa pun termasuk menyamakan semua manusia dalam satu jenis ras maupun keyakinan agama.

“Oleh sebab itu, perbedaan di antara manusia baik ras dan suku maupun agama, pastilah karena diciptakan dan dikehendaki oleh Tuhan sendiri,” kata Mahfud MD dalam Seminar “Harmoni dalam Keberagaman” di Yogyakarta, Kamis, 26 Juli 2018.

Seminar yang diselenggarakan Alumni SMA Kolese De Britto Yogyakarta itu dibuka Mendikbud Muhajir Effendi atas nama Presiden Republik Indonesia. Lebih lanjut Mahfud mengatakan, karena perbedaan antarmanusia adalah ciptaan Tuhan sendiri, berarti perbedaan dan keberagaman itu adalah fitrah. Sesuatu yang tidak bisa dihindari melainkan harus dimanfaatkan untuk kemajuan bangsa.

“Jika mengacu pada ajaran Islam, misalnya di dalam Alquran Surat Almaidah ayat 48 dan surat Yunus ayat 99 jelas sekali bahwa Allah sendiri yang menghendaki perbedaan ummat manusia itu dengan dorongan saling bekerja sama dan berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan dan tidak boleh membenci orang yang berbeda keyakinan,” ujar intelektual NU yang dikenal dekat dengan Muhammadiyah dan kalangan lintas agama itu.

Dalam seminar yang dipimpin Presiden Alumni SMA Kolese De Britto Tony Prasetiantono itu, Mahfud MD hadir bersama pembicara lain yaitu Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Buya Syafii Maarif, J Kristiadi, dan Alissa Wahid.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5896 seconds (0.1#10.140)