Dukungan TGB Dinilai Jadi Jawaban Counter Isu Jokowi Anti Islam

Senin, 09 Juli 2018 - 07:37 WIB
Dukungan TGB Dinilai...
Dukungan TGB Dinilai Jadi Jawaban Counter Isu Jokowi Anti Islam
A A A
JAKARTA - Direktur Wain Advisory Indonesia, Sulthan Muhammad Yus mengatakan, semakin mendekati hari pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Agustus 2018 mendatang peta dukungan politik bergerak random dan dinamis.

Menurut Sulthan, ada yang terprediksi, ada pula yang mengejutkan. Salah satunya adalah dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat M Zainuk Majdi atau Tuan Guru Bajang kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk melanjutkan kepemimpinan dua periode.

"Kabar tersebut tentu menggemparkan, maklum saja sebelumnya TGB digadang-gadang sebagai figur alternatif untuk capres dan atau cawapres dari oposan jokowi," kata Sulthan kepada Sindonews, Senin (9/7/2018).

Sulthan menganggap citra positif TGB yang merupakan sosok religius dan dekat dengan ulama membuat dukungan ini cukup berharga bagi Jokowi yang dicitrakan anti Islam. Masuknya TGB membuat gemuruh peta politik nasional. Besar kemungkinan tokoh-tokoh sentral Islam yang selama ini berseberangan bisa ikut merapatkan barisan dalam koalisi Jokowi.

Menurutnya, TGB menjadi jawaban untuk mengcounter isu anti Islam yang semakin meresahkan kubu Jokowi. Kedekatan TGB dengan ulama merupakan magnet kuat bagi bertambahnya dukungan ummat Islam.

Dalam politik elektoral, kata Sulthan, kandidat perlu sebanyak-banyaknya menerima dukungan politik apalagi dari pihak yang selama ini diasumsikan berseberangan. Tidak berlebihan jika dukungan TGB bagi Jokowi dianggap sebagai pintu msuk, mungkin saja kedepan Habib Riziek dan rombongan bisa ikut serta mendukung Jokowi.

"Ingat, selama bumi masih berputar pada porosnya maka tak ada hal yang mustahil dalam politik," ujar Pengamat lulusan UIN Jakarta dan Universitas Gadjah Mada ini.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1029 seconds (0.1#10.140)