Jokowi: Pancasila Terus Mengalir di Denyut Nadi Rakyat

Jum'at, 01 Juni 2018 - 10:19 WIB
Jokowi: Pancasila Terus...
Jokowi: Pancasila Terus Mengalir di Denyut Nadi Rakyat
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018 di Halaman Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (1/6/2018).

Memulai sambutannya, Jokowi mengingatkan sebentar lagi bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-73. Jokowi menganggap selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang ingin menggesernya.

Selama itu pula, Pancasila sudah menjadi rumah seluruh rakyat Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika. "Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan, Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada rakyat Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Jokowi menuturkan, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Mantan Guberbur DKI Jakarta ini menegaskan, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.

"Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujar dia.

Dia berharap, rangkaian proses besar lahirnya Pancasila harus selalu didalami dan dipahami ruhnya. Menurut dia, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh anak bangsa untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran rakyat Indonesia.

"Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi," tutur Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8124 seconds (0.1#10.140)