Jokowi Lantik Siwi Sukma Adji Jadi KSAL

Rabu, 23 Mei 2018 - 12:46 WIB
Jokowi Lantik Siwi Sukma Adji Jadi KSAL
Jokowi Lantik Siwi Sukma Adji Jadi KSAL
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Siwi dilantik menggantikan Laksamana TNI Are Supandi yang memasuki masa purna tugas pada Juni 2018 mendatang.

Acara pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018). Prosesi diawali dengan pengambilan sumpah jabatan dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung, dengan rupa atau dalih apa pun, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu kepada siapa pun juga," kata Siwi mengucapkan sumpah mengikuti ucapan Jokowi.

Usai pengucapan sumpah jabatan, Siwi selanjutnya membubuhkan tanda tangan di dokumen berita acara sumpah jabatan.

Pelantikan Siwi dilakukan berdasarkan atas Keputusan Presiden Nomor 43/TNI/Tahun 2018 tertanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Usai dilantik, pangkat Siwi naik satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI. Kenaikan pangkat tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 44/TNI tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Pereira Tinggi TNI tertanggal 23 Mei 2018. Penyematan tanda pangkat dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Siwi sebelumnya menjabat Komandan Jenderal Akademi TNI. Ia merupakan lulusan Akademi TNI AL tahun 1985. Dia mengawali kariernya di dunia militer sebagai perwira bahari di KRI Oswald Siahaan
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)