Gerindra: Kemenangan Oposisi di Malaysia Perkuat Koalisi Prabowo

Jum'at, 11 Mei 2018 - 10:04 WIB
Gerindra: Kemenangan Oposisi di Malaysia Perkuat Koalisi Prabowo
Gerindra: Kemenangan Oposisi di Malaysia Perkuat Koalisi Prabowo
A A A
JAKARTA - Ketua bidang Hukum dan Advokasi Partai Gerindra, Habiburokhman menilai kemenangan, Mahathir Mohamad sebagai oposisi di Malaysia yang mengalahkan petahana Najib Razak menginsipirasi oposisi di Indonesia yakni koalisi yang dibangun Prabowo Subianto.

"Saya yakin kemenangan Mahatir Mohamad kemarin secara psikologis akan memperkuat Koalisi Prabowo dan sekaligus semakin melemahkan Koalisi Jokowi pada Pemilu 2019," ujar pria yang akrab disapa Habib kepada SINDOnews, Jumat (11/5/2018).

Habib mengatakan, ada dua hal untuk mencermati kondisi tersebut. Pertama, sejarah membuktikan bahwa kedekatan geografis dan kultur beberapa negara di sebuah kawasan akan membuat peristiwa politik besar di satu negara merembet ke negara lain.

Ia mengingatkan, reformasi 98 di Indonesia telah mendorong demonstrasi menuntut reformasi di Malaysia sejak tahun 2000-an. Hal ini dinilainya mirip dengan fenomena Arab Spring di Timur Tengah atau kejatuhan rezim-rezim komunis di Eropa pada dekade 90-an.

Kedua, kata Habib, ada beberapa kesamaan penting antara Mahatir Mohamad dengan Prabowo Subianto yaitu sama-sama ada di kubu oposisi melawan incumbent yang semula sangat diunggulkan, sama-sama dibully dan dianggap sudah tua untuk ikut dalam pemilu dan sama-sama membawa isu besar yakni pengembalian kedaulatan negara melawan dominasi kekuatan asing yang tidak berpihak pada rakyat.

"Kalau tidak terjadi kejadian luar biasa seperti kecurangan massif, politik uang atau mobilisasi aparat negara, sangat terasa kemenangan Prabowo sudah di depan mata," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6487 seconds (0.1#10.140)