DPR Minta BNPB dan Kemensos Bersatu Tangani Bencana

Selasa, 27 Februari 2018 - 15:58 WIB
DPR Minta BNPB dan Kemensos Bersatu Tangani Bencana
DPR Minta BNPB dan Kemensos Bersatu Tangani Bencana
A A A
JAKARTA - Berbagai unsur pemerintah, seperti Badan Nasuonal Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial, dan pihak lainnya diharapnya bersatu padu mengatasi bencana agar masyarakat bisa kembali beraktivitas.

Hal itu diungkapkan Ketua DPR Bambang Soesatyo saat mengunjungi lokasi pengungsian korban longsor di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018)

Dalam kunjungan itu Bambang ditemani Menteri Sosial Idrus Marham. Keduanya juga datang ke lokasi tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Bambang mengungkapkan, kedatangannya ke lokasi longsor dan pengungsian untuk melihat langsung kondisi masyarakat yang terkena musibah.

Kepada masyarakat, dia mengimbau masyarakat untuk tidak mendekati lokasi longsor. Imbauan itu disampaikan karena masih ada potensi longsor susulan.

Apalagi, kata dia, jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah mengakibatkan longsor susulan.

"Saya sungguh berduka atas bencana ini. Terlebih berdasarkan data korban terakhir, korban meninggal 11 orang, tujuh orang hilang belum ditemukan, 12 luka-luka, 642 orang pengungsi di Desa Capar, 196 orang mengungsi di Desa Pasir Panjang dan 36 rumah rusak berat," tuturnya.

Dalam kunjungan itu, politikus Golkar yang dipanggil Bamsoet dan Idrus menyerahkan bantuan sosial sebesar Rp1,6 miliar yang diterima langsung para korban.

"Mereka tidak menghadapi ini sendirian, ada saya dan seluruh saudara-saudara lain yang ikut memberikan semangat dan uluran tangan," ucapnya.

Kabupaten Brebes saat ini telah ditetapkan berstatus tanggap darurat sejak 22 Februari hingga 7 Maret 2017 mendatang.

Terkait tanggap darurat ini, dia menekankan pihaknya sebagai lembaga legislatif akan memastikan eksekutif dalam hal ini yang diwakili Kementerian Sosial bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan bencana.

“Saya yakin Menteri Sosial Pak Idrus Marham bisa menjadi leader dan mengoordinasi pendistribusian bantuan secara cepat dan tepat. Sehingga bisa mengurangi beban saudara kita yang terkena musibah bencana," urai mantan Ketua Komisi III ini.

Dia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menjaga alam dan lingkungan sekitar. Keasrian dan kelestarian alam merupakan hal penting untuk keseimbangan hidup.

"Bersahabat dengan alam adalah cara terbaik kita terhindar dari berbagai musibah. Mari kita jaga alam dan lingkungan sekitar. Karena keharmonisan hidup bukan hanya antara sesama manusia saja, melainkan juga dengan alam dan lingkungan sekitar," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6542 seconds (0.1#10.140)