PAN Tetap Usung Zulkifli Hasan Jadi Bakal Capres 2019

Minggu, 25 Februari 2018 - 18:24 WIB
PAN Tetap Usung Zulkifli Hasan Jadi Bakal Capres 2019
PAN Tetap Usung Zulkifli Hasan Jadi Bakal Capres 2019
A A A
SLEMAN - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menegaskan PAN tetap komitmen dan konsisten mengusung Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan sebagai bakal calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpers) 2019 mendatang.

PAN sendiri telah memutuskan Zulkifli Hasan sebagai capres saat rapat kerja nasional (Rakernas) di Badung, 23 Agustus 2017 lalu. Untuk kepentingan itu, PAN terus mengondok langkah dan mematangkan strategi, termasuk mensosialisaskannya sampai tingkat bawah. Sehingga apa yang nanti diambil tepat.

"Karena itu, diharapka semua jajaran pengurus dan kader partai, selalu bekerja sama dan optimis untuk menyukseskan ini,” kata Amien Rais di hadapan peserta rapat kerja daerah (Rakerda) PAN Sleman, di Yogyakarta, Minggu (25/2/2018).

Menurut Amien Rais, karena sesuai dengan undang-undang, partai politik yang bisa mengusung capres minimal harus memiliki 20% kursi di dewan atau 25% suara pileg, sedangkan PAN maupun partai lain tidak ada yang memenuhi persyaratan tersebut.

Maka kata Amien, PAN terus melakukan komunikasi dengan partai lain. Khususnya yang kedudukannya sejajar dan memiliki program yang sama yaitu untuk kebaikan bangsa dan
negara. Sehingga persyaratan minimal prosentase baik kursi maupun suara dapat terpenuhi.

"Meski untuk perkembangannya nanti dinamis, bisa capres atau cawapres, namun prinsipnya sekarang PAN tetap berani mengusung Bang Zul (Zulkifli Hasan) sebagai capres," tandasnya.

Keputusan ini menurut Amien, sebagai bentuk keyakinan jika PAN memiliki kader yang potensial dan mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Sehingga dengan fakta tersebut, kenapa tidak PAN mengajukan capres sendiri.

Meski dengan partai lain, seperti Gerindra dan PKS juga telah melakukan koordinasi. "Kami sudah berunding dengan mereka termasuk dengan sembila capres dari PKS," paparnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8057 seconds (0.1#10.140)