Kabareskrim Kantongi Aktor Penyebar Isu Teror Pemuka Agama

Kamis, 22 Februari 2018 - 20:01 WIB
Kabareskrim Kantongi Aktor Penyebar Isu Teror Pemuka Agama
Kabareskrim Kantongi Aktor Penyebar Isu Teror Pemuka Agama
A A A
JAKARTA - Kepala Bareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengaku sudah mengantongi para aktor penyebar hoaks terkait isu kekerasan terhadap pemuka agama.

“Hasil penyelidikan menemukan fakta bahwa itu semua hoaks. Tujuannya untuk menggiring opini bahwa negara ini sedang berada dalam situasi dan kondisi yang seolah-olah bahaya. Di titik ini, masyarakat sebenarnya justru terjebak dalam skenario dari sutradara hoaks itu,” tegas Ari dalam keterangannya, Kamis (22/2/2018).

(Baca juga: Bareskrim Petakan Kelompok Penggoreng Isu Teror Pemuka Agama )

Ari mengungkapkan, berdasarkan hasil penyelidikan, penyebaran hoaks itu memang terstruktur dan sistematis. Kemudian para aktor itu mengaitkannya dengan isu kebangkitan PKI serta lainnya. Tujuannya jelas, membuat kegaduhan dan kekacauan dengan hoaks.

“Misalnya saja, dari media sosial. Diketahui ada puluhan ribu artikel pembahasan yang membahas dan berkorelasi dengan permasalahan penyerangan ustad, ulama, dan tokoh agama,” ungkap Ari.

Dari data yang berhasil dikumpulkan Bareskrim Mabes Polri, diketahui kabar hoaks itu tersebar di berbagai jejaring media sosial. Mulai dari bentuk artikel di platform Facebook, Google+, Media Massa, juga video di Youtube.

“Adapun akun-akun yang membahas hal tersebut dimotori oleh beberapa akun yang sudah dikantongi oleh Polri. Jadi, siap-siap saja jika masih terus menyebarkan hoaks seperti itu,” tegas Ari.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7727 seconds (0.1#10.140)