Jokowi Berikan Pengarahan Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan

Selasa, 06 Februari 2018 - 11:32 WIB
Jokowi Berikan Pengarahan Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan
Jokowi Berikan Pengarahan Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada sejumlah menteri, pimpinan lembaga dan kepala daerah untuk pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2018. Acara digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Sejumlah menteri yang hadir antara lain, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkum HAM Yasonna H Laoly, Menteri Kesehatan Nila F Moloek.

Dalam acara itu juga hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta sejumlah kepala daerah dan pimpinan TNI-Polri di daerah.

Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam sambutannya melaporkan angka kebakaran hutan dan lahan yang mengalami penurunan di tahun 2017. Darmin mengatakan, kejadian kebakaran hutan dan lahan tahun 2017 lebih sedikit dari tahun 2016.

"Ini bukti keberhasilan upaya pencegahan kebakaran yang dilakukan pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat di sekitar," kata Darmin, Selasa (6/2/2018).

Darmin melaporkan sejumlah upaya yang telah ditempuh pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya membangun sistem peringatan dan deteksi dini. Sistem peringatan dan deteksi dini tersebut ditampilkan di website di beberapa kementerian dan lembaga.

"Saat ini dibangun sistem informasi peringatan dan deteksi dini melalui website KLHK, BMKG, dan LAPAN, untuk memudahkan deteksi dan monitoring," ucap Darmin.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7639 seconds (0.1#10.140)