Sri Lanka Jadi Negara Pertama Kunjungan Jokowi ke Lima Negara

Rabu, 24 Januari 2018 - 12:14 WIB
Sri Lanka Jadi Negara Pertama Kunjungan Jokowi ke Lima Negara
Sri Lanka Jadi Negara Pertama Kunjungan Jokowi ke Lima Negara
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini bertolak ke Sri Lanka untuk melakukan kunjugan kerja.

Jokowi dan rombongan berangkat menuju Sri Lanka menggunakan Pesawat Kepresidenan 1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, Sri Lanka jadi negara pertama dari lima negara yang akan dikunjungi Jokowi.

Menurut dia, kunjungan ke Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan merupakan kunjungan bilateral untuk memperkuat kerja sama ekonomi.

"Di India, Presiden akan menghadiri KTT ASEAN-India sekaligus memperingati 25 tahun kemitraan ASEAN-India," ujar Bey dalam keterangan persnya.

Dalam KTT ini, ASEAN dan India akan membahas isu kerjasama maritim, ekonomi, serta membahas situasi kawasan dan situasi internasional.

Presiden Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pakistan, Bangladesh, dan Afghanistan.

Presiden berharap kunjungannya ini akan memberikan manfaat nyata bagi rakyat, bangsa Indonesia serta negara-negara yang dikunjungi. Presiden beserta rombongan akan kembali ke Tanah Air pada Selasa 30 Januari 2018 dini hari.

Melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Sri Lanka, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Mar Suhartono.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah terlebih dahulu berada di Colombo, Sri Lanka untuk mempersiapkan kedatangan Presiden.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5109 seconds (0.1#10.140)