Agus Gumiwang Dinilai Berpeluang Gantikan Setya Novanto

Rabu, 10 Januari 2018 - 10:49 WIB
Agus Gumiwang Dinilai Berpeluang Gantikan Setya Novanto
Agus Gumiwang Dinilai Berpeluang Gantikan Setya Novanto
A A A
JAKARTA - Hingga kini Partai Golkar belum mengumumkan kadernya yang akan menduduki kursi Ketua DPR, menggantikan Setya Novanto.

Alhasil, sosok pimpinan ketua DPR masih menjadi teka-teki. Ada beberapa kader Golkar yang disebut-sebut layak menduduki kursi tersebut.

Salah satunya, Agus Kartasasmita. Dia disebut-sebut juga memiliki peluang untuk menjadi Ketua DPR.

Direktur Eksekutif Imparsial, Al Araf menilai Agus Gumiwang berpeluang menduduki posisi tersebut. "Menurut saya, peluangnya tinggi ya," ujar Al Araf kepada SINDOnews, Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, Agus Gumiwang memiliki sikap yang jelas dalam dinamika internal Partai Golkar belakangan ini. Terutama, sikap tegasnya dalam perubahan posisi ketua DPR dari Setya Novanto kepada Airlangga Hartarto.

Dia menambahkan, Partai Golkar membutuhkan tokoh pembaruan yang berani."Kehadiran Pak Agus Gumiwang tentu akan membawa hawa segar bagi Golkar dan DPR utamanya," ungkapnya.

Dia melanjutkan, ketua DPR pengganti Setya Novanto harus memiliki komitmen untuk mendukung agenda pemberantasan korupsi, sehingga segala upaya untuk melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu dihindari.

Adapun mengenai sikap salah satu kandidat Ketua DPR yang menjadi salah satu inisiator panitia khusus (Pansus) hak angket KPK, menurut dia, akan menjadi catatan bagi masyarakat.

"Ya hal itu bisa jadi catatan publik yang akan dilihat dalam pemilihan Ketua DPR kedepan," tandasnya.

Selain itu, Ketua DPR pengganti Setya Novanto itu harus sosok yang memiliki komitmen dalam pemajuan dan penegakan hak asasi manusia (HAM).

Dengan demikian, kata dia, dapat mendorong pemerintah dalam menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5596 seconds (0.1#10.140)