Diperkuat 8 Heli Apache, TNI AD Makin Handal

Kamis, 04 Januari 2018 - 21:17 WIB
Diperkuat 8 Heli Apache, TNI AD Makin Handal
Diperkuat 8 Heli Apache, TNI AD Makin Handal
A A A
SEMARANG - Tiga unit helikopter serang AH-64 Apache telah ditempatkan di Skadron 11/Serbu, komplek Lanumad Ahmad Yani, Semarang. Tiga heli Apache tersebut merupakan program pembelian delapan unit melalui program Foreign Military Sales (FMS) untuk menjamin kesiapan alutsista secara maksimal.

Tiga unit helikopter buatan Amerika Serikat ini pertama dikirim dengan pesawat C-17 Globe Master tiba di Lanumad Ahmad Yani pada Senin (18/12/2017). Selanjutnya, lima unit Apache akan dikirim dengan kapal laut dan diperkirakan tiba di Semarang pada Maret 2018.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad), Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengaku bangga satuan profesionalisme Tentara Nasional Indonesia, khususnya TNI AD sudah didukung alutsista yang modern dengan memiliki dua helikopter yang handal dari Rusia dan Amerika Serikat.

“Suatu kebanggaan satuan profesionalisme kita sudah didukung alutsista yang modern dan handal versi Rusia ada MI-35 dengan heli serangnya dan heli serbunya adalah MI-17. Sedangkan untuk versi Amerika kita punya heli serang Apache yang sudah datang tiga unit, sebentar lagi dalam waktu dekat akan datang lima lagi dan heli serbu bell 412,” beber Mayjen TNI Besar Harto Karyawan kepada wartawan, seusai menerima penyematan wing kehormatan di Skadron 31 Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Kamis (4/1/2018).

Danpuspenerbad menyatakan, selain kedatangan alutsista delapan unit heli Apache, ke depan akan ada penambahan pesawat CN 295 berjumlah lima untuk memperkuat pesawat Fix Wing dan 12 heli Fennec untuk menggantikan heli Bolcow yang mulai uzur usianya.
(pur)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1340 seconds (11.252#12.26)