Perindo dan PSI Diprediksi Bakal Jadi Pesaing Serius Partai Lama

Jum'at, 15 Desember 2017 - 12:10 WIB
Perindo dan PSI Diprediksi Bakal Jadi Pesaing Serius Partai Lama
Perindo dan PSI Diprediksi Bakal Jadi Pesaing Serius Partai Lama
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai partai baru yang memenuhi syarat (MS) penelitian administrasi sebagai calon peserta Pemilu 2019.

Selangkah lagi, kedua partai tersebut akan ditetapkan sebagai peserta pemilu selepas mengikuti tahap selanjutnya yakni tahap verifikasi faktual.

"Selamat buat Perindo dan PSI. Kerja keras yang dilakukan berbuah manis. Tinggal mempersiapkan verifikasi faktual. Tapi biasanya, verifikasi faktual hanya mengkonfirmasi data-data administrasi yang sudah dinyatakan lolos itu," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Jumat (15/12/2017).

Pengamat politik asal UIN Jakarta ini berpendapat, kerja keras Perindo dan PSI patut diapresiasi. Sebab, banyak parpol baru yang menganggap enteng semua tahapan pemilu, sehingga gagal menjadi calon peserta pemilu.

Hal demikian, kata Adi, justru digarap serius oleh partai besutan pengusaha Hary Tanoesoedibjo dan mantan presenter televisi swasta, Grace Natalie. Menurut Adi, bukan tidak mungkin Perindo dan PSI akan menjadi pesaing serius bagi partai lama untuk berebut ceruk pemilih.

Menurutnya, dalam demokrasi elektoral belakangan ini, pemilih sudah menjadi pasar bebas yang bisa diperebutkan oleh partai manapun. "Apalagi, di tengah memudarnya party ID (identitas partai) atau orang yang merasa dekat dengan partai sudah menipis. Tentu persaingan merebut ceruk pemilih makin terbuka," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7530 seconds (0.1#10.140)