Tutup Kirab Pemuda Indonesia 2017, Ini Pesan Puan Maharani

Kamis, 07 Desember 2017 - 18:14 WIB
Tutup Kirab Pemuda Indonesia 2017, Ini Pesan Puan Maharani
Tutup Kirab Pemuda Indonesia 2017, Ini Pesan Puan Maharani
A A A
JAKARTA - Pemuda adalah generasi masa depan yang akan meneruskan kemajuan peradaban sebuah bangsa dan negara.

Jumlah pemuda Indonesia sekitar 65 juta atau 25% penduduk sehingga memiliki peran strategis mendorong kemajuan bangsa.

Pemuda yang hebat harus memiliki kesiapan mental, spritual, berpengetahuan dan berketrampilan agar mampu menghadapi persaingan global dan membawa kemajuan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam sambutan pada acara penutupan puncak Kirab Pemuda Indonesia di Lapangan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur, Kamis (7/12/2017).

"Saya mengundang para pemuda untuk ikut menjadi agen pembangunan, berperan aktif dalam menjaga Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai sistem sosial budaya," tutur Puan.

Menurut dia, melalui kegiatan Kirab Pemuda Nasional 2017, para pemuda dari berbagai latar belakang berbeda, berkumpul, belajar, beraktivitas, dan berinteraksi bersama.

Dia mengatakan, Kirab Pemuda dapat menjadi momentum bagi pemuda Indonesia untuk memperluas wawasan dan membekali diri menjadi pemuda yang siap mengambil peran dan tanggung jawab pembangunan.

Menurut Puan, pembangunan akan berhasil jika di dalamnya ada kebersamaan. Namun, sambung dia, kebersamaan tidak mungkin terwujud tanpa persatuan.

Puan mengingatkan pentingnya keberadaan pemuda sebagai pilar pemersatu bangsa. "Saya percaya kalian ini para pemuda yang akan membawa Indonesia menuju kemajuan di masa mendatang. Jadi lah anak-anak yang berkepribadian yang nantinya akan mewujudkan Indonesia berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaannya," tutur Puan.

Dia berharap pemuda-pemudi Indonesia mempersiapkan diri dengan kegiatan yang dapat membekali diri untuk kemajuan diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.

“Marilah pemuda-pemudi Indonesia dengan semangat persatuan, membangun jiwa dan badannya untuk mengambil peran dan tanggung jawab membangun kemajuan Indonesia yang bersatu," ajaknya.

Puan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh panitia pelaksana, gubernur, bupati/wali kota, dan seluruh elemen serta masyarakat yang terlibat, dari Miangas-Sulawesi Utara dan Rote Ndao-Nusa Tenggara Timur sampai Blitar sehingga kegiatan Kirab Pemuda Indonesia 2017 yang diikuti 73 pemuda dari seluruh Indonesia ini erlaksana dengan baik.

Selain Menko PMK, Menpora Imam Nachrawi dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga memberikan sambutannya. Turut hadir pula dalam acara ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Bupati Blitar Rijanto.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)