Koran Dituntut Mampu Suguhkan Ragam Kecepatan Data dan Informasi

Kamis, 07 Desember 2017 - 15:54 WIB
Koran Dituntut Mampu Suguhkan Ragam Kecepatan Data dan Informasi
Koran Dituntut Mampu Suguhkan Ragam Kecepatan Data dan Informasi
A A A
JAKARTA - Di tengah arus industri media yang berkembang pesat dan penyebaran informasi di media sosial, masyarakat dihadapkan pada situasi yang tidak mudah dalam memilih informasi yang valid.

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, di tengah gempuran informasi yang pesat tersebut, media cetak atau koran dianggap masih bisa diandalkan menjadi rujukan.

"Koran sebagai salah satu media rujukan utama masyarakat, terus dituntut mampu menyuguhkan ragam kecepatan informasi, akurasi data, dan memberikan edukasi kepada masyarakat," ujar Adi saat dihubungi SINDONEWS, Kamis (7/12/2017).

Adi mengatakan, meski tak mudah untuk bertahan, koran diharapkan terus berdiri di atas nilai utama jurnalisme, yakni objektif. Menurutnya, koran bukan semata mengejar target dan kecepatan informasi, namun objektifitas seringkali diabaikan.

Malahan katanya, informasi yang diitampilkan adalah kabar simpang siur, serupa gosip, dan serupa kabar burung lainnya yang sulit dikonfirmasi kebenerannya.

"Eksistensi koran terletak pada objektivitas yang disuguhkan berdasarkan realitas sosial, politik, ekonomi, hukum, dan budaya yang ada. Bukan berita yang hanya didasarkan pada praduga tak menentu," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8992 seconds (0.1#10.140)