Hadiri Wisuda Mahasiswa PTIQ, Ini Harapan Menteri Rini

Sabtu, 18 November 2017 - 18:04 WIB
Hadiri Wisuda Mahasiswa PTIQ, Ini Harapan Menteri Rini
Hadiri Wisuda Mahasiswa PTIQ, Ini Harapan Menteri Rini
A A A
JAKARTA - Institut Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) menggelar wisuda program strata satu (S1), S2 dan S3 di Merak Room Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jendral Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (18/11/2017).

Wisuda 386 mahasiswa dari lima fakultas mengangkat tema
Paradigma Qur'ani Menuju Kesejahteraan Bangsa. Acara itu dihadiri Rektor Rektor Institut PTIQ Prof Dr H Nasaruddin Umar, MA dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno serta tamu penting lainnya, termasuk Duta Besar Arab Saudi dan Duta Besar Iran.

Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam orasi ilmiah menyampaikan, kehadiran PTIQ sangat dibutuhkan untuk umat Islam di Indonesia.

Menurut Rini, sebagai salah satu institusi yang mengedepankan pendidikan agama Islam di Indonesia, PTIQ telah melengkapi kebutuhan umat Islam dengan baik.

"Kami berharap ke depannya PTIQ bisa memenuhi kebutuhan imam di Tanah Air. Sebab, jumlah mesjid dan musala yang berada di Indonesia utamanya daerah pelosok sangat banyak. Di sana butuh sentuhan-sentuhan alumni PTIQ," kata Rini dalam orasi ilmiahnya.

Tidak hanya itu, lanjut Rini, sivitas-sivitas PTIQ juga sangat dibutuhkan dalam penglolaan BUMN secara profesional.

Para sivitas PTIQ juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan nilai-nilai moral di setiap lingkungan BUMN.

"Dengan demikian BUMN bisa berkembang secara profesional, tapi tetap mengedepankan akhlak-akhlak dengan memberikan pesan-pesan yang mencerahkan umat di lingkungan BUMN," ucap Rini.

Dia juga mengharapkan agar para sivitas PTIQ dapat memberdayakan mesjid dan musalah yang di kelola oleh BUMN.

Sekadar informasi, total masjid dan musalla yang dikelolah oleh BUMN saat ini cukup banyak. "Kita sangat berharap agar para civitas dan alumni PTIQ juga dapat membantu umat Islam yang tergabung di BUMN. Saya juga berharap agar sivitas PTIQ akan lebih bermanfaat bagi umat islam di Indonesia. Tahun 2018 sebagian CSR - CSR milik BUMN akan disumbangkan ke PTIQ," tutur Rini.

Sementara itu, Rektor Institut PTIQ Prof Dr H Nasaruddin Umar, MA sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh Rini.

Mantan Wakil Menteri Agama ini menghargai apa yang sudah dilakukan oleh Rini untuk PTIQ. "Karena beliau telah banyak melakukan sesuatu langsung dan tidak langsung untuk PTIQ . Beliau telah menghasilkan rumah untuk imam dan muadzin serta mempercayakan mesjid - masjid BUMN terhadap PTIQ," tuturnya.

Kemudian, dia juga berharap, agar PTIQ semakin lebih baik. Pada usia ke-45, PTIQ telah banyak mengukir prestasi untuk bangsa Indonesia.

"Alhamdulillah di umur ke 45 tahun kita telah mengukir banyak prestasi. Baru saja kita mengirim beberapa imam ke luar negeri," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3921 seconds (0.1#10.140)