Jokowi Mau Jadikan Rekomendasi Rembuk Nasional untuk Nawacita Kedua

Selasa, 24 Oktober 2017 - 02:26 WIB
Jokowi Mau Jadikan Rekomendasi Rembuk Nasional untuk Nawacita Kedua
Jokowi Mau Jadikan Rekomendasi Rembuk Nasional untuk Nawacita Kedua
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan di Rembuk Nasional 2017. Jokowi mengaku mengapresiasi sejumlah rekomendasi yang dibacakan oleh 12 ketua bidang yang berkaitan dengan program dan kebijakan pemerintah.

"Rekomendasi saya catat semua, ini mungkin bisa kita pakai untuk NawaCita kedua. Tapi ya dibaca dulu," kata Jokowi di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Untuk diketahui, nawacita merupakan program yang dijanjikan pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla selama lima tahun. Kini usia nawa cita sudah memasuki 3 tahun dan tersisa dua tahun lagi masa pemerintahan Jokowi.

Jokowi melanjutkan, kegiatan seperti rembuk nasional dinilai sangat positif. Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, semua pihak yang terlibat ingin membawa negara ke gerbang kemajuan. Sehingga mereka mengorbankan semangat ide dan gagasan untuk membangun bangsa.

Kendati begitu, mantan Gubermur DKI Jakarta ini mengingatkan bahwa era perubahan telah terjadi sangat cepat. Menurutnya, perubahan sudah masuk ke semua sektor kehidupan.

Jokowi menyampaikan pengalamannya ketika berkunjung ke perusahaan-perusahaan besar berbasis internet seperti markas Silicon Valley, Google, Facebook, twitter dan Alibaba. Dia mengaku syok dan kaget karena melihat di situ perubahan sangat cepat sekali.

Maka itu, Indonesia perlu menyiapkan diri untuk mengimbangi perubahan-perubahan yang terjadi tersebut. "Kita lebih kaget betul betapa kita kalau tidak ingin ditinggal, ya secepatnya kita berubah dari semua sektor kita harus berani mengubah," tandasnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5949 seconds (0.1#10.140)