75 Personel Pasukan Garuda Peringati HUT Ke-72 TNI di Kongo

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 16:07 WIB
75 Personel Pasukan Garuda Peringati HUT Ke-72 TNI di Kongo
75 Personel Pasukan Garuda Peringati HUT Ke-72 TNI di Kongo
A A A
KONGO - Sebanyak 175 personel Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-N/Monusco menggelar upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, di Base Camp Indo Eng Coy, Bumi Nusantara, Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah, Kamis 5 Oktober 2017.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Letkol Czi Nur Alam Sucipto.

Dalam upacara Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 di Kongo, Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Letkol Czi Nur Alam Sucipto, membacakan amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa penyelenggaraan HUT TNI ini pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat.

Dalam amanat tertulisnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menyampaikan bahwa kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. “Kedekatan dan kebesamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (centre of gravity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut,” tegas Panglima seperti dibacakan Letkol Czi Nur Alam Sucipto.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa Indonesia akan terus menghadirkan TNI pada penyelesaian konflik internasional di bawah bendera PBB. Dalam pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB berhasil karena dapat berbaur dan diterima kebeadaannya oleh masyarakat setempat.

“Hal ini menandakan bahwa keberadaan prajurit TNI selalu mendapat hati di lingkungan masyarakat sekitarnya, karena TNI selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun prajurit TNI berada,” ungkapnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7926 seconds (0.1#10.140)