Menteri Agama dan Rombongan Kembali ke Tanah Air

Senin, 11 September 2017 - 15:21 WIB
Menteri Agama dan Rombongan...
Menteri Agama dan Rombongan Kembali ke Tanah Air
A A A
MEKKAH - Menteri Agama selaku Amirul Haj, Lukman Hakim Saifuddin dan rombongan bertolak ke Tanah Air setelah 20 hari mengawal pelaksanaan ibadah haji 1438 H/2017 M.

Saat bertolak dari Bandara King Abdul Azis International (KAAIA) Jeddah pada Senin (11/9/2017), Lukman Hakim terlihat didampingi oleh seluruh anggota Amirul Haj.

Sejumlah pejabat ikut melepas keberangkatan rombongan Amirul Haj. Di antaranya, Duta Besar RI berkuasa penuh untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Konsul Jenderal RI Jeddah Mohamad Hery Saripudin, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Nizar Ali, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Sri Ilham Lubis, Kepala Kantor Urusan Haji KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi, dan Kepala Daerah Kerja Airport Madinah-Jeddah Arsyad Hidayat.

Rombongan bertolak dari Jeddah menggunakan Maskapai Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV 818. Pesawat tinggal landas pukul 03.55 WAS dan diperkirakan tiba di Indonesia pada pukul 17.00 WIB.

Sehari sebelumnya, Amirulhaj menggelar rapat evaluasi menyeluruh pelaksanaan ibadah haji tahun ini. “Pelaksanaan haji tahun ini sukses. Ini berdasarkan pengamatan langsung seluruh anggota Amirul Haj,” ungkap Sekretaris Amirul Hajj Abdul Djamil saat ditemui di ruang VIP Bandara King Abdul Azis.

Di sisi lain, kata Djamil, seluruh anggota Amirulhaj tahun ini kompak dalam melaksanakan tugas dan memerankan fungsi masing-masing.

Amirulhaj memberikan bimbingan kepada jamaah haji di Mekkah sebelum pelaksanaan Armina (wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melempat jumrah di Mina).

“Demikian pula saat pelaksanaan wukuf di Arafah, Amirulhaj aktif memberikan tausyiah atau pencerahan kepada jamaah,” sambung Djamil.

Amirullhaj juga senantiasa berkomunikasi dengan pejabat-pejabat di Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) mengenai kondisi jamaah saat pergerakan ke Muzdalifah dan Mina. Bahkan saat prosesi melempar jumrah, Amirulhaj turun langsung mengawal jemaah.

Walau ada beberapa jamaah yang sakit maupun meninggal dunia saat prosesi Armina, tapi secara keseluruhan Amirulhaj menilai pelaksanaan haji berjalan lancar. “Pelaksanaan haji tahun ini mengukir sukses besar,” klaim Djamil.

Sementara itu, hingga Senin (11/9/2017) pukul 04.30 waktu setempat, sebanyak 81 kloter atau 32.778 jamaah haji telah dipulangkan ke Tanah Air. Kloter SOC 17 menjadi kloter terakhir yang diberangkatkan pada rentang waktu ini.

Pemulangan jamaah haji dari Bandara Jeddah akan berakhir pada 21 September 2017 pukul 07.30 WAS. Kloter SOC 47 menjadi penutup kepulangan jamaah dari bandara ini.

Setelah itu, pemulangan jamaah akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Azis Madinah. Pemulangan jamaah dari Madinah akan berakhir pada 5 Oktober 2017 pukul 23.25 waktu setempat. Penutup kepulangan seluruh jamaah haji dari Bandara Madinah adalah kloter LOP 10.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1688 seconds (0.1#10.140)