Istana Yakin Tahun Politik Tak Ganggu Kinerja Pemerintahan

Selasa, 29 Agustus 2017 - 17:56 WIB
Istana Yakin Tahun Politik...
Istana Yakin Tahun Politik Tak Ganggu Kinerja Pemerintahan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengingatkan kepada menteri Kabinet Kerja bahwa tahun 2018 mendatang masuk tahun politik. Maka itu, Jokowi meminta kepada para pembantunya agar membuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, peringatan Jokowi itu dimaksudkan agar para menteri dalam membuat kebijakan dikonsultasikan kepada presiden atau melalui rapat terbatas. Sehingga kebijakan yang dikeluarkan tidak merugikan masyarakat dan menghambat iklim usaha.

Meski begitu, Pramono menganggap, tahun politik ke depan tidak akan mengganggu kinerja pemerintahan. "Kami kalau melihat soliditas kabinet sekarang, kerja sama yang sudah berjalan relatif baik. Mudah-mudahan tahun politik ke depan tidak menjadi hiruk pikuk yang berlebihan," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Diakui Pramono, pemilu legislatif dan pemilu presiden yang dilakukan secara serentak menjadi pengalaman pertama bagi Indonesia. Namun, ia meyakini, Indonesia sudah memiliki pengalaman yang akan mampu membuat demokrasi menjadi seimbang.

Politikus asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku menteri kabinet solid. Ia meminta kepada semua pihak agar di tahun politik nanti untuk mengurangi tensi.

"Karena sekarang ini kalau enggak ada hasil yang berbeda dari judicial review UU Parpol, maka pelaksanaan maupun model pemilunya sudah bisa kita prediksi dari sekarang," kata dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)