Jokowi dan Petinggi Komunis Vietnam Bahas Laut China Selatan

Rabu, 23 Agustus 2017 - 17:43 WIB
Jokowi dan Petinggi Komunis Vietnam Bahas Laut China Selatan
Jokowi dan Petinggi Komunis Vietnam Bahas Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas sejumlah hal kerja sama.

Menurut dia, selain membahas kerja sama di bidang maritim dan perikanan, perdagangan serta investasi, pertemuan Jokowi dan Nguyen juga membicarakan mengenai stabilitas di Laut China Selatan.

"Kita sepakat bahwa perdamaian, stabilitas di Laut China Selatan adalah hal yang sangat penting bagi semua negara," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8/2017). (Baca juga: China Bangun Fasilitas Militer Baru di Laut China Selatan )

Khususnya, kata Retno, stabilitas untuk negara-negara yang berada di kawasan tersebut. Maka itu, Indonesia mengapresiasi code of conduct atau kode etik yang disepakati di Manila beberapa waktu lalu.

Menurut dia, proses negosiasi terus dilakukan agar konflik di Laut China Selatan bisa cepat teratasi seperti yang tertuang dalam code of conduct tersebut. "Kan ini kerangkanya sudah ada, jadi kita tinggal mengisi substansi dari kerangka itu," ujar Retno. (Baca juga: Istana Harap Kunjungan Partai Komunis Vietnam Tak Dipersoalkan )
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0319 seconds (0.1#10.140)