Imbauan untuk Jamaah Haji Gelombang Kedua

Kamis, 10 Agustus 2017 - 12:42 WIB
Imbauan untuk Jamaah Haji Gelombang Kedua
Imbauan untuk Jamaah Haji Gelombang Kedua
A A A
MEKKAH - Kementerian Agama (mulai) memberangkatkan jamaah haji gelombang kedua ke Tanah Suci mulai 12 Agustus 2017 nanti. Berbeda dengan gelombang satu yang tiba di Madinah, jamaah gelombang kedua akan mendarat di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, Arab Saudi.

Dari Bandara Jeddah, jamaah diberangkatkan ke Mekkah untuk melaksanakan umrah wajib (quddum). Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Kemenag, Sri Ilham Lubis mengatakan, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) telah mengeluarkan edaran yang berisi imbauan agar jamaah mandi umrahnya di embarkasi.

Edaran ini diterbitkan menyusul adanya larangan penumpukan jamaah dalam waktu lama dari otoritas bandara Jeddah. "Bagi jamaah yang akan berangkat diharapkan melakukan mandi umrah di embarkasi," ujar Sri Ilham Lubis di Mekkah, Kamis (10/8/2017).

"Tujuannya, ketika sampai di bandara Jeddah setelah pengecekan imigrasi dan bea cukai, jamaah dapat langsung niat umrah di bandara dan didorong ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah," imbuhnya.

Kalau perempuan sambung dia, setelah mandi umrah di embarkasi bisa langsung menggunakan kain ihram. "Bagi laki-laki, bisa berganti ihram di bandara sehingga mempercepat proses keluarnya dari bandara," ucapnya.

Senada dengan Sri Ilham, Kepala Daker Bandara Arsyah Hidayat menggarisbawahi perlunya jamaah haji gelombang kedua mandi umrah sejak dari embarkasi di Tanah Air. Adapun berganti kain ihram dan niatnya, bagi laki-laki bisa dilakukan di bandara.

Ini penting untuk mempersingkat keberadaan jamaah di bandara. "Tidak bisa dibayangkan kalau setiap jamaah harus mandi dulu semua, antrean akan lebih panjang. Apalagi tahun ini kuota haji seluruh dunia kembali normal," tandasnya.

Daker Bandara sendiri akan mulai memberangkatkan sebagian petugasnya pada 11 Agustus 2017 untuk persiapan penyambutan kedatangan jamaah haji gelombang kedua di Jeddah. Daker bandara hanya memiliki 116 petugas yang bekerja dua shif selama 24 jam.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9194 seconds (0.1#10.140)