Giliran Linjam Mekkah Ungkap Kejahatan terhadap Jamaah

Rabu, 09 Agustus 2017 - 20:07 WIB
Giliran Linjam Mekkah Ungkap Kejahatan terhadap Jamaah
Giliran Linjam Mekkah Ungkap Kejahatan terhadap Jamaah
A A A
MEKKAH - Jamaah haji Indonesia selain harus menjaga kesehatannya, juga harus mewaspadai potensi kejahatan yang ada di Madinah, maupun Mekkah. Sejumlah tindak kriminalitas terhadap jamaah haji Indonesia mulai bermunculan di Tanah Suci.

Karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) meminta jamaah selalu waspada dan berkoordinasi dengan petugas jika mengalami kejadian yang merugikan. Berdasarkan data yang masuk melalui Kasie Perlindungan Jamaah (Linjam) Daker Mekkah Letkol Rijal Kani, setidaknya ada dua kasus pencopetan dan lima penipuan terkait jasa dorong kursi roda. Pelaku adalah mukimin yang tidak bertanggung jawab dan mencari keuntungan dari jamaah.

Guna memberi keamanan dan kenyaman kepada jamaah, pihaknya telah meminta kepada seluruh personel Linjam di setiap sektor untuk waspada terhadap orang-orang tidak dikenal. Khususnya di lingkungan penginapan.

"Sudah banyak yang kami tangkap, dari Sektor 2, 5, 6, dan 8. Mereka ini mukimin yang menawarkan jasa dorong kursi roda. Sudah kami data semua, yang memiliki surat resmi (iqomah) kita beri peringatan dan yang tidak berizin akan kami serahkan kepada pihak keamanan di Arab Saudi," papar Rijal.

Lebih lanjut dikatakan, kejadian kriminalitas itu tidak bisa dibiarkan. Sekali lagi, dia mengimbau kepada jamaah agar mau berkoordinasi dengan petugas. Alasannya, jika tidak terdata Linjam bakal kesulitan melacak siapa pelakunya kalau mereka akhirnya menjadi korban.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5422 seconds (0.1#10.140)