Soal Viktor Laiskodat, ICMI: Bicaralah yang Baik-baik Saja

Rabu, 09 Agustus 2017 - 16:33 WIB
Soal Viktor Laiskodat, ICMI: Bicaralah yang Baik-baik Saja
Soal Viktor Laiskodat, ICMI: Bicaralah yang Baik-baik Saja
A A A
JAKARTA - Polemik pidato Ketua Fraksi Partai Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat saat acara deklarasi calon bupati di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), 1 Agustus 2017 lalu ditanggapi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie. Menurut dia, kasus Viktor harus menjadi pembelajaran bagi semua pihak, termasuk para politikus.

"Bicaralah yang baik-baik saja," ujar Jimly dalam jumpa pers di Kantor ICMI, Jalan Proklamasi No 53, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2017).

Dia mengatakan, semua pihak harus berpikir, bertindak, maupun bekerja secara jujur. "Jangan lagi berasumsi kita ngomong ke dalam (internal, red), sudah di antara kita saja ini, enggak bisa. Ini yang terjadi dengan Viktor," papar mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Jimly melanjutkan, perkembangan teknologi saat ini membuat semua pihak harus jujur kepada kenyataan. "Apa yang kita pikirkan dan kita katakan harus sama," imbuhnya.

Diketahui, dalam pidatonya, Viktor menyebut Partai Gerindra, Demokrat, PAN, PKS mendukung kelompok yang ingin membuat negara ini berbentuk khilafah. Celakanya, kata Viktor, partai-partai pendukung khilafah ada juga di NTT. Keempat partai itu dikatakan Viktor mendukung ekstremis tumbuh di NTT.

Viktor juga menyebut, pada situasi nasional, keempat partai ini mendukung kaum intoleran. Viktor juga menyebut di negara khilafah tidak boleh ada perbedaan, semua orang harus salat. Hal itu terungkap dari video penggalan pidato Viktor di NTT yang tersebar di media sosial (medsos).

Maka itu, Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaporkan Viktor ke Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri. Selain itu, PKS dan Partai Demokrat pun melaporkan Viktor ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6084 seconds (0.1#10.140)