Dilaporkan ke Polisi, Nasdem Beri Bantuan Hukum Bagi Viktor Laiskodat

Senin, 07 Agustus 2017 - 19:03 WIB
Dilaporkan ke Polisi, Nasdem Beri Bantuan Hukum Bagi Viktor Laiskodat
Dilaporkan ke Polisi, Nasdem Beri Bantuan Hukum Bagi Viktor Laiskodat
A A A
JAKARTA - Sejumlah partai politik menempuh jalur hukum menyikapi pidato Ketua Fraksi Nasdem Viktor Bungtilu Laiskodat yang menyebut partai-partai penolak Perppu Ormas sebagai pendukung khilafah. Atas pelaporan itu, DPP Partai Nasdem akan memberikan pendampingan hukum bagi Viktor.

"Kami akan berikan bantuan hukum kepada Pak Viktor. Tentunya kita juga akan berikan satu sumber rekaman yang konprehensif terhadap penegak hukum agar bisa didengar secara utuh," ujar Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari dalam jumpa pers di kantornya, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Dalam pidato yang beredar di media sosial, Viktor menyebut Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai partai penolak Perppu Ormas dan pendukung khilafah. Taufik berkilah, video berisi pidato Viktor yang beredar di dunia maya telah diedit dan tidak utuh.

Karenanya, lanjut Taufik, pihaknya akan memberikan keleluasaan kepada semua pihak termasuk partai politik yang tersinggung dengan pernyataan Viktor serta penegak hukum untuk mengakses rekaman pidato secara utuh.

"Jangan sampai kita melapor berdasarkan alat bukti atau rekaman yang telah dimanipulasi," kata Taufik.

Dalam kesempatan itu, Taufik mengimbau semua pihak untuk tidak mudah naik pitam menyikapi informasi yang belum diklarifikasi oleh sumber pertama.

"Bicara masalah hukum, kita mendapatkan satu pelajaran penting, yakni kita sering terlalu cepat bereaksi, mudah marah, terprovokasi, atas info yang tidak valid bahkan hoax. Masih ada kesempatan untuk kroscek sumber yang lebih valid," tandas Taufik.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6987 seconds (0.1#10.140)