Mendagri: Inovasi Kunci Sukses Pembangunan Daerah

Selasa, 01 Agustus 2017 - 22:47 WIB
Mendagri: Inovasi Kunci...
Mendagri: Inovasi Kunci Sukses Pembangunan Daerah
A A A
JAKARTA - Inovasi menjadi salah satu kunci suksesnya pembangunan di daerah. Tanpa adanya inovasi di daerah, pembangunan hanya akan berjalan di tempat.

Atas dasar hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengapresiasi KORAN SINDO yang turut mengawal inovasi yang diciptakan oleh para kepala daerah. Tjahjo menilai inovasi daerah adalah hal yang tidak bisa ditawar demi kemajuan daerah.

“Kami apreasiasi kepada KORAN SINDO yang konsisten untuk mencermati gelagat dan dinamika yang ada di daerah, termasuk dalam hal inovasi . Membangun inovasi-inovasi ini bagian yang tak terpisahknya dari suksesnya daerah,” katanya saat memberikan sambutan saat malam Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 yang diselenggarakan KORAN SINDO di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Penghargaan KDI 2017 diberikan kepada 26 kepala daerah yang terdiri 4 gubernur, 9 wali kota, dan 13 bupati. Penghargaan ini dibagi dalam enam kategori, yakni Ekonomi dan Investasi, Pelayanan Masyarakat, Sosial Budaya, Infrastruktur Pembangunan, Tata Kelola Pemerintahan, dan Lingkungan hidup.

Mengutip Soekarno, Tjahjo mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki impian. Dengan impian itu pemimpin mampu membentuk persepsi-persepi yang dapat melahirkan keberanian.

Dia menilai KORAN SINDO secara cerdik mampu menangkap semua hal itu dari apa yang dilakukan oleh para kepala daerah. “Inovasi penting mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Program-program kerja diharapkan juga mampu menekan angka kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan sosial,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatakan dengan inovasi maka kepala daerah juga mampu menggerakkan dan mengorganisir masyarakatnya. Di sisi lain inovasi akan membuat penyerapan anggaran di daerah tidak saja untuk pos-pos rutin semata.

“Fokus dalam hal inovasi saya kira sangat penting. Jangan sampai penyerapan anggarannya bagus hanya untuk program rutin dan tidak ada inovasi. Nantinya manfaatnya anggaran tidak akan dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya pun terus mendorong program inovasi yang dilakukan di daerah. Salah satunya melalui ajang Penghargaan KDI 2017 diharapkan mampu merangsang daerah lain untuk melakukan inovasi. Dia pun mengucapkan selamat kepada para pemenang penghargaan KDI 2017.

“Semoga ke depan ada daerah baru dan tidak hanya itu-itu saja yang dapat. Asosiasi kepala daerah harus dapat saling bertukar pikiran sehingga setiap daerah mampu berinovasi,” ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)