TKHI Diminta Ingatkan Jamaah Soal Pencegahan Penyakit

Selasa, 01 Agustus 2017 - 13:29 WIB
TKHI Diminta Ingatkan Jamaah Soal Pencegahan Penyakit
TKHI Diminta Ingatkan Jamaah Soal Pencegahan Penyakit
A A A
MADINAH - Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) kembali meminta Tenaga Kesehatan Indonesia (TKHI) yang akan berangkat dari ke Tanah Suci kembali mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan.

“Tolong diingatkan kembali kepada jamaahnya untuk membawa alat pelindung diri di tas tentengan (sandal, kacamata hitam, payung, masker, semprotan air). Jangan pernah meninggalkan sandalnya ketika di masjid. Karena sudah banyak kasus kaki melepuh akibat kehilangan sandal,” kata Kasubsie Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Ika Nurfarida Sholeh di Madinah, Selasa (1/8/2017).

Dia menjelaskan, jamaah juga diminta melakukan latihan gerak selama di pesawat untuk mencegah tubuh kram dan kedinginan di pesawat.

“Memastikan obat yang harus diminum rutin oleh jamaah yang menderita penyakit ada di tentengan, dan diminum sesuai aturan pakai dalam jumlah cukup,” tuturnya.

Kepada pembimbing haji, Ika berharap ikut membantu menyampaikan kepada jamaah, bahwa air zamzam saja tidak cukup untuk menyembuhkan penyakit, tetapi harus dibarengi dengan ikhtiar pengobatan.

“Kami sudah mulai menemukan kasus diabetes melitus (DM), hipertensi, dan depresi,” ucapnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)