Daker Bantu Jamaah Haji yang Tertahan di Bandara Madinah Terkait Visa

Selasa, 01 Agustus 2017 - 03:44 WIB
Daker Bantu Jamaah Haji...
Daker Bantu Jamaah Haji yang Tertahan di Bandara Madinah Terkait Visa
A A A
MADINAH - Seorang jamaah terpaksa berpisah sementara dengan istrinya di Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madina, Arab Saudi. Hal ini dikarenakan yang bersangkutan oleh Imigrasi Arab Saudi dinilai visanya sudah dipakai oleh jamaah haji lainnya.

Jamaah tersebut tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) JKS 08. Pesawatnya mendarat pukul 07.05 Waktu Arab Saudi (WAS), Senin (31/7/2017) dan hingga pukul 17.00 WAS, dia belum bisa keluar dari bandara.

"Nomor visanya sudah dipakai orang lain. Setelah kami lacak ke Imigrasi, Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu), nomor visanya memang dipakai jamaah haji lain dari Kloter JKS 06 yang saat ini sudah di pemondokan. Pemakainya ini sudah tiba di Madinah, Minggu 30 Juli 2017," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Madinah, Arsyad Hidayat.

Arsyad menduga, ada kesalahan input angka. Sebab nomor visa jamaah tersebut sebetulnya belum dipakai siapapun. Artinya, petugas meng-input angka yang sama untuk dua visa.

"Nomor visanya beda, tapi yang hampir sama itu nomor paspornya. Kan ada tujuh digit, pada digit kelima yang beda. Nomor lainnya sama persis," sebut Arsyad.

Saat berita ini diturunkan, masalahnya sedang diproses Muassasah Adilla karena paspor jamaah mereka yang simpan. Jamaah yang menggunakan visa orang lain itu dibawa ke bandara bersama dokumennya untuk dijadikan pembuktian ke Imigrasi bahwa keduanya benar-benar memiliki visa haji.

"Visa awal dari KS akan di-cancel dan dimasukan visa miliknya sendiri. Dan jamaah yang tertahan bisa masuk dengan visa yang sebelumnya dipakai KS. Saya berharap masalah ini segera dituntas hari ini juga," ujarnya.

Dia meminta keluarga jamaah dari keduabelah pihak tidak panik. Di bandara saat ini jamaah tersebut didampingi petugas haji dan perwakilan konsulat. "Kami yakinkan ke jamaah tersebut, pasti bisa (keluar) dan beribadah di Tanah Suci. Saat ini koreksi (visa) sedang diurus dan diproses," ujar Arsyad.

Tindakan cepat yang dilakukan Daker Bandara patut diapresiasi. Mereka sigap mengurus dokumen jamaah yang dipersoalkan agar psikologis jamaah terjaga dan tetap bisa fokus beribadah nantinya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)