Yudi Latief: Kewenangan UKP-PIP Terbatas

Rabu, 07 Juni 2017 - 14:38 WIB
Yudi Latief: Kewenangan UKP-PIP Terbatas
Yudi Latief: Kewenangan UKP-PIP Terbatas
A A A
JAKARTA - Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latief meminta masyarakat tidak berharap lebih terhadap lembaga yang dipimpinnya tersebut.

"Karena unit ini tidak terlalu luas kewenangannya. Lebih pada fungsi koordinasi dan pengendalian dan pembenahan pengajaran Pancasila di sekolah-sekolah. Sebenarnya kewenangan terbatas, tapi ekspektasi publik sangat besar," tutur Yudi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/6/2017). (Baca juga: Rapat Perdana, UKP-PIP Tunjuk Megawati Jadi Dewan Pengarah )

Menurut Yudi, jalan terbaik dalam upaya pembinaan Pancasila adalah memberdayakan komunitas-komunitas dan kembali kepada semangat Pancasila yang gotong royong.

Ke depan, lanjut dia, fungsi negara dan UKP-PIP hanya sebatas fasilitator. ‎Sementara simpul penggerak berada pada komunitas-komunitas di masyarakat dari berbagai macam aktivitas

"Kalau kita ada masalah maka negara minta tolong kepada komunitas untuk bisa ikut serta merawat nilai-nilai ini‎," ujar Ketua Pusat Studi Islam dan Kenegaraan Indonesia (PSIK-I) itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8560 seconds (0.1#10.140)
pixels